Rumput Rusak Akibat Konser di Kebun Raya Bogor, Warganet Curhat Ke Jokowi

| 27 Jun 2022 09:05
Rumput Rusak Akibat Konser di Kebun Raya Bogor, Warganet Curhat Ke Jokowi
Kebun Raya Bogor (Dok. Istimewa)

ERA.id - Sejumlah pihak mengkritik penyelenggaraan konser yang dilakukan di Kebun Raya Bogor. Bahkan salah satu akun media sosial Facebok bernama MangAsepKabayan meminta tolong ke Presiden Joko Widodo agar menegur pihak management Kebun Raya Bogor yang mendukung acara konser tersebut.

"Yth Pak Presiden Joko Widodo sebagai pendukung setia Bapak, dimana Bapak pun tinggal tidak jauh dari Kebun Raya Bogor yang mana secara Sejarah merupakan tempat dahulunya sangat disakralkan sebagai Hutan Samida, Taman dan Kebunnya Para Raja, yang mana spirit mereka pun masih tetap hadir disana. Mohon Pak, hentikan kegiatan brutal perusakan Kebun Raja," tulisnya di media sosialnya, dikutip Senin (27/6/2022).

Menurutnya, kebun Raya Bogor ini dengan kegiatan konser yang sangat tidak sesuai dengan spirit dan nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada disana.

"Punten Pak, segera ditegur keras ini pengelola yang sangat tidak memahami fungsi dan kearifan Kebun Raya Bogor. Besar harapan kami sebagai pencinta Kebun Raya Bogor dikembalikan pada fungsi dan kearifannya agar spiritnya dapat kembali berkobar menuju Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan konser-konser masif seperti ini dapat dicarikan di tempat lain yang lebih cocok dan tidak mengganggu kearifan lokal yang ada disekitarnya.

"Sedih hati kami Pak, melihat Kebun Raya Bogor yang kami cintai dinodai seperti ini. Semoga Bapak sekeluarga selalu ada dalam kesehatan dan keberkahan," ungkapnya.

Sementara itu General Manager Corporate Communication dan Security PT MNR Kebun Raya Bogor, Zaenal Arifin membenarkan ada beberapa rumput mengalami kerusakan.

"Sampa jam 2 kita bersihkan, sampah dan lumpur. Kalau rumput kan perlu waktu. Memang hujan tadi malam," kata Zae sapaan akrbanya saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Minggu (26/06/2022).

Sementara soal postingan yang dilakukan oleh Akun @MangAsepKabayan bahwa itu merupakan foto lama.

"Itu foto lama kang," singkatnya.

Rekomendasi