Bukan Orang Sembarang, Awalnya Ditilang, Kakek-Kakek Ini Berujung Ceramahi Polisi

| 27 Jun 2022 14:37
Bukan Orang Sembarang, Awalnya Ditilang, Kakek-Kakek Ini Berujung Ceramahi Polisi
Sadjijiono saat menceramahi polisi di jalanan.

ERA.id - Pada 11 juni silam beredar video seorang kakek-kakek ditilang oleh Polantas. Tak lama, sang kakek balik menceramahi si polisi. Aksinya pun viral.

Setelah ditelusuri, kejadian itu sudah lama terjadi di Jawa Timur. Konon, pada 2019 silam. Pertanyaannya, siapa kakek yang berani mendebat polisi itu?

Ternyata si kakek bukan orang sembarangan. Si kakek adalah sosok yang berpendidikan tinggi dan paham soal hukum.

Adalah Profesor Dr Sadjijiono SH MHum yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai polisi. Dia adalah pengajar di banyak universitas.

Dilansir dari laman resmi Universitas Surabaya, Sadjijiono mengawali karier sebagai prajurit berpangkat bhayangkara dua (Bharada) pada 1975 di Yogyakarta, lalu melanjutkan ke Sekolah Polisi Negara (SPN) di Mojokerto selama setahun.

Setelah itu, Sadjijiono bertugas di Pusat Pendidikan Brigade Mobile (Pusdik Brimob) di Pasuruan.

Di sela tugasnya, ia berkuliah di Sidoarjo. Sayang, pilihannya tak berjalan mulus, karena Sadjijiono mesti melanhjutkan sekolah Perwira di Sukabumi.

Merasa cinta akan ilmu, ia mengenyam pendidikan lagi di Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara (FH Ubhara) pada 1991 dan melanjutkan pendidikan sampai S3 di Universitas Airlangga (Unair).

Dari sana, karier akademisi dan kepolisian Sadjijiono makin cemerlang hingga pada akhir 2003, ia mendapat gelar sebagai komisaris polisi (kompol).

Tapi karena ingin mengembangkan keilmuannya, bidang keilmuan, ia memutuskan untuk pindah dari Polri menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2006.

Pada saat itulah, Sadjijiono kian gemar dengan dunia akademik hingga menjadi Lektor Universitas Naratoma dan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang hukum administrasi.

Sadjijiono pun kerap dijadikan sebagai saksi ahli oleh kepolisian saat menangani kasus.

Sebelumnya heboh seorang kakek yang berputar arah ditilang Polantas. Saat dihentikan, si kakek langsung menceramahi polisi.

Video itu awalnya dibagikan oleh akun Facebook Tri Hernowo di grup Facebook. Berkat aksinya yang tegas, banyak orang yang penasaran dengan sosok kakek tersebut.

Rekomendasi