Perwakilan Anggota G20 Akan Ikut Kirab TIIWG dari Sriwedari Sampai ke Balai Kota Solo

Tim Editor

Ilustrasi Solo Batik Carnival. (Foto: Amalia/ERA.id)

ERA.id - Ratusan delegasi anggota G20 akan mengikuti kirab Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) yang dijadwalkan pada Kamis (7/7/2022). Dalam gelaran ini akan bersamaan dengan acara Solo Batik Carnival (SBC) yang dibuat oleh Pemkot Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko mengatakan saat ini delegasi yang sudah mengkonfirmasi hadir dalam kirab yakni dari 18 negara. Mereka akan menghadiri dan turut serta dalam kirab.

”Sementara anggota SBC yang akan tampil ada sebanyak 150 orang,” katanya.


Ia menjelaskan, rute kirab ini dimulai dari lapangan Sriwedari sampai ke Balai Kota Solo. Kemudian para delegasi melanjutkan dengan agenda gala dinner di Pendapi Ageng Balai Kota Solo.

Sebelumnya para tamu undangan akan berkunjung ke stand UMKM yang ada di Halaman Balai Kota Solo. Para tamu akan ditunjukkan berbagai macam kerajinan asli Solo, termasuk cara pembuatan keris.

”Jadi mereka akan menaiki kereta kencana dan andong yang kami siapkan,” katanya.

Mereka juga akan disajikan dengan suguhan berbagai macam makanan khas Solo dan buah-buahan tropis. Salah satu sajian makanan dalam gala dinner yakni bakso.

”Nanti Pak Menteri dijadwalkan untuk ikut dalam gala dinner,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Pemkot Solo sudah mempersiapkan rangkaian kegiatan untuk acara G20 mulai 5-7 Juli 2022. Selain itu persiapan juga dilakukan untuk rangkaian acara G20 pada bulan Agustus mendatang.

”Itu nanti acara tentang wellness tourism, kegiatannya bersamaan dengan ASEAN Para Games,” ucapnya.

Tag: G20 pemkot solo kirab budaya

Bagikan: