DPKP Kabupaten Tangerang Klaim 10.143 Hewan Ternak Siap untuk Kebutuhan Kurban

| 07 Jul 2022 07:05
DPKP Kabupaten Tangerang Klaim 10.143 Hewan Ternak Siap untuk Kebutuhan Kurban
Penjual hewan ternak di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang mengklaim 10.143 ekor ternak tersedia di daerah itu untuk memenuhi kebutuhan kurban Iduladha 1443 Hijriah.

Hewan itu telah melalui proses pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak sebagai hewan kurban.

"Dari total populasi hewan ternak sekitar 58 ribu ekor, saat ini ada 10.143 hewan ekor ternak sudah siap untuk kurban. Jumlah itu pun akan berubah atau bertambah lagi," ucap Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DPKP Kabupaten Tangerang, Hustri Windayani, Rabu (6/7/2022).

Hustri menuturkan, sesuai dengan hasil pendataan terhadap 208 lapak peternak yang tersebar di 20 wilayah kecamatan dengan jumlah sebanyak 10.143 ekor itu, merupakan dari berbagai jenis hewan ternak diantaranya seperti 1.910 ekor sapi, 16 ekor kerbau, 6.957 ekor domba dan 1.260 ekor kambing.

Setiap jenis hewan tersebut dipastikan sudah terbebas dan aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Bahkan, pihaknya pun telah memberikan label keterangan kesehatan pada jenis hewan-hewan ternak itu.

"Memang dari seluruh hewan yang sudah layak kurban ini kita tidak memberikan penanganan khusus, hanya dilakukan pemeriksaan klinis saja. Karena hewan ini sudah sehat," jelasnya.

Ia menyampaikan kepada masyarakat umum agar tidak khawatir dan panik dalam menyikapi adanya isu terkait kasus-kasus penularan PMK ini. Karena, pemerintah setempat saat ini sudah dapat menjamin dan mengendalikan-nya.

"Jika memang masih ragu dalam memilih hewan kurban masyarakat bisa langsung menanyakan ke petugas kesehatan atau peternak terkait keterangan kesehatan hewan-nya," jelasnya.

Rekomendasi