Kabar Duka, Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo Meninggal Dunia

| 11 Jul 2022 19:15
Kabar Duka, Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo Meninggal Dunia
Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Mantan Wali Kota Solo Kolonel Inf Purn H Imam Soetopo meninggal dunia Senin (11/7/2022). Ia meninggal dunia di usia 81 tahun di Rumah Sakit Kasih Ibu.

Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan KS Tubun no 2, Kelurahan Manajan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Rencananya mantan wali kota Solo ini akan dimakamkan di Astana Utara, Nayu, Selasa (12/7/2022).

Imam merupakan wali kota periode 1995-2000. Almarhum meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak serta delapan cucu.

”Saya baru dapat beritanya dari tetangga di Manahan. Bapak mantan Wali Kota Solo (Imam Soetopo) meninggal dunia. Kita turut berduka cita, sebagai mantan wali kota yang sudah ikut mencurahkan pikiran, tenaga untuk membangun kota Solo yang kita cintai,” kata Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Menurut Teguh, Imam Soetopo merupakan sosok pemimpin yang tegas dan keras. Namun, ia memiliki cara komunikasi yang baik dengan masyarakat. Apalagi ia memang Wali Kota asli  Solo, sehingga mengetahui karakteristik masyarakat Solo seperti apa.

”Kalau model TNI hampir semua sama, tegas. Beliau merupakan pemimpin yang baik, wali kota yang menjalankan tugasnya dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan bahwa akan ada upacara peghormatan khusus almarhum Imam Soetopo. Imam akan disemayamkan sementara di Balai Kota Solo.

“Besok diupacarakan jam 09.30 WIB,” terang Gibran.

Rekomendasi