Janji Bupati Gowa Adnan Tuntas, Kini Stadion Kalegowa Bisa Dipakai PSM Makassar Berlatih

| 13 Jul 2022 11:04
Janji Bupati Gowa Adnan Tuntas, Kini Stadion Kalegowa Bisa Dipakai PSM Makassar Berlatih
Munafri Arifuddin, Adnan Purichta, dan Bernardo Tavares saat berada di Stadion Kalegowa.

ERA.id - Sempat kumuh karena lama tak dirawat, kini Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bisa dipakai secara resmi oleh PSM Makassar. Praktis, janji Bupati Gowa Adnan Purichta terpenuhi.

Beberapa bulan lalu Adnan memang bilang, stadion itu sedang dipoles dan akan dibuka secara umum. Saat itu, ERA datang memantau, kondisinya memang menarik dan orang yang tak berkepentingan dilarang masuk. Semuanya untuk menjaga fasilitas stadion.

Tak cuma Stadion Kalegowa, Adnan juga mengizinkan lapangan Syekh Yusuf untuk dipakai PSM sebagai tempat latihan. Toh, di Kota Makassar, belum ada lapangan yang representatif.

Merespons itu, manajemen PSM Makassar bersama Pelatih Bernardo Tavares pun semringah. Mereka akan menetapkan Lapangan Syekh Yusuf dan Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sebagai pusat latihan para pemain.

CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin di Gowa, Selasa (12/7/2022), mengatakan peninjauan lapangan itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Adnan yang berencana memindahkan pusat latihan pemain dari Pulau Jawa ke Sulawesi Selatan.

"PSM Makassar akan menjadikan Stadion Kalegowa dan Lapangan Syekh Yusuf sebagai pusat latihan. Dari hasil pemantauan di dua lokasi itu, kualitasnya sudah di atas rata-rata," ujarnya.

Munafri mengatakan PSM Makassar akan memulai latihan di Gowa usai kembali dari laga Perdana Liga 1 di Yogyakarta dan Bali. Setelah itu, menurutnya, PSM baru akan berlatih di Gowa. Adapun penunjukan dua lokasi itu, kata dia, untuk menjaga kualitas rumput dan lapangan agar tetap terawat.

Dirinya juga berterima kasih kepada Adnan. "Latihannya semua di Gowa, di Stadion Kalegowa dan Lapangan Syekh Yusuf, karena itu tidak bisa dipakai setiap hari, rusak nanti. Jadi mungkin di Stadion Kalegowa dua hari di Lapangan Syekh Yusuf dua hari," katanya.

Sementara Bernardo Tavares mengaku dua lapangan bola di Gowa sudah cocok untuk dijadikan tempat latihan pun pertandingan. Lokasinya juga dianggap dekat dari Kota Makassar.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak PSM Makassar terkait jadwal mulainya latihan. Dirinya juga akan memperbaiki beberapa sarana pendukung di Stadion Kalegowa dan Lapangan Syekh Yusuf.

"Tapi secara esensi lapangan, tidak ada masalah. Hanya sarana pendukung lainnya yang perlu dilakukan perbaikan sedikit agar bisa dipakai PSM Makassar. Namun selama latihannya tidak mengganggu perbaikan-perbaikan, kapanpun secepatnya bisa dipakai. Tergantung Pak Appi kapan mau dipakai," ucapnya.

Rekomendasi