Kasus Covid-19 di Kota Solo Meningkat, Gibran: Harus Pakai Masker, Nanti Kami Perketat!

| 14 Jul 2022 08:04
Kasus Covid-19 di Kota Solo Meningkat, Gibran: Harus Pakai Masker, Nanti Kami Perketat!
Ilustrasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau vaksinasi di kota Solo.

ERA.id - Saat ini angka kasus Covid-19 di kota Solo terus meningkat. Untuk itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming raka mendorong agar masyarakat memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Harus pakai masker, nanti kami perketat semua," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (13/7/2022).

Selain penggunaan masker dan penerapan prokes, ia juga mendorong percepatan vaksinasi. Apalagi saat ini angka vaksinasi di kota Solo stagnan di angka 57 persen.

Sejauh ini angka kasus haria Covid-19 masih tergolong landai. Namun Pemkot Solo harus mulai mempersiapkan diri, mengingat dalam beberapa waktu ke depan, ada banyak event bertaraf internasional di kota Solo, mulai dari ASEAN Para Games 2022, Liga 1 hingga konser band asal Amerika Serikat dream Theater.

”BOR (Bed ocupancy rate) masih aman. Event-event yang sudah diagendakan akan jalan terus,” ucapnya.  

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengakui jika perlahan kasus Covid-19 di kota Solo mulai naik. Selama beberapa waktu angka kasus Covid-19 di kota Solo sempat nol. Namun beberapa hari terakhir ada penambahan kasus baru.

”Pekan lalu masih landai, pekan ini penambahannya banyak,” kata Siti.

Pekan lalu data kasus aktif Covid-19 ada 25 pasien dengan jumlah orang yang menjalani isolasi mandiri ada 21 pasien dan 4 pasien dirawat di rumah sakit. Sementara hari ini, jumlahnya dua kali lipat yakni 50 kasus aktif. Rinciannya ada 41 kasus menjalani isolasi mandiri dan 9 pasien dirawat di rumah sakit.  

Seiring dengan kenaikan kasus positif Covid-19 ini, Pemkot Solo akan megoptimalkan protokol kesehatan. Selain itu masyarakat diminta untuk melengkapi vaksinasi dengan dosis ketiga atau vaksin booster.

Terkait capaian vaksinasi, di pekan ini sudah mencapai 58,23 persen atau setara dengan 242.908 warga. ”Makanya kami mendorong warga masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi. Apalagi saat ini kami memberikan kemudahan-kemudahan untuk layanan vaksinasi,” katanya.

Saat ini vaksinasi dapat dilayani di seluruh Puskesmas di kota Solo. Selain itu layanan vaksinasi juga dapat diakses di gerai vaksin di Solo Car Free Day (CFD).

Rekomendasi