Singgung Pemilu 2024, Ono Surono PDIP: Jabar Dinamis, Demokrat Pernah Menang, PKS Tidak

| 15 Jul 2022 12:46
Singgung Pemilu 2024, Ono Surono PDIP: Jabar Dinamis, Demokrat Pernah Menang, PKS Tidak
Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono.

ERA.id - PDI Perjuangan Jawa Barat mulai mengibarkan bendera 'perang' jelang Pemilu 2024. Tak segan, Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono menyinggung torehan PKS sesuai realitas politik saat ini.

"Jawa Barat itu dinamis, PDI Perjuangan pernah menang, Golkar pernah menang, Demokrat pernah menang, Gerindra pernah menang, PKS tidak pernah menang. Se-Jawa Barat nih," kata Onsur, sapaan akrabnya, di Kantor Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Rabu silam.

Ono optimistis PDIP bisa kembali menang di wilayah yang dia pimpin. Tak cuma itu, Onsur juga bilang Jabar tidak mampu dikuasai satu atau dua partai saja semisal Golkar, Demokrat, Gerindra, termasuk PDIP.

Buktinya pada tahun 2004, Pemilu di Jawa Barat dimenangkan Golkar. Kemudian pada 2009, suara terbanyak Jawa Barat diraih Demokrat. Pada 2014, PDIP sukses menguasai Jawa Barat. Sedangkan 2019 lalu, Gerindra yang berkuasa.

Menurut Ono, kemenangan di Jawa Barat bersifat dinamis, karena berkaitan dengan berbagai isu sensitif seperti intoleransi dan agama. "Sehingga Jawa Barat ini sangat dinamis, tergantung isu terkait agama, sosial, ekonomi, budaya, isu kadrun, isu intoleran, isu radikalisme," ucap dia.

Dia mengaku belum memikirkan untuk melakukan penjajakan dengan partai lain guna memenangkan Pemilu 2024 di Jawa Barat. Pihaknya tengah fokus menjalankan mesin partai agar turun langsung ke tengah masyarakat.

"Makanya saya minta teman-teman tiga pilar partai untuk turun ke rakyat supaya PDIP menang di Jawa Barat. Penjajakan koalisi juga belum, kan ibu ketua umum juga bilang koalisi mah gampang, yang penting sekarang koalisi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ucap dia.

Selain Pemilu, Ono pun optimistis mampu memenangi Pilgub Jabar kendati belum ditentukan siapa sosok yang akan diusung. "Adapun saya tentunya sebagai Ketua DPD, yang jelas saya akan mengamankan siapa pun, memenangkan siapa pun, bertanggung jawab sepenuhnya calon gubernur dari PDI perjuangan yang nanti akan ditentukan oleh DPP Partai," katanya.

Ono mengungkapkan bahwa selama ini PDIP kesulitan untuk memiliki kader yang menduduki kursi Jawa Barat 1 meski PDI Perjuangan beberapa kali menempati posisi pertama pada torehan suara di tingkat Nasional.

"PDI Perjuangan pernah menang (pemilu) di tahun 1999, pernah menang di (pemilu) 2014, tetapi kami tidak pernah menang dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat. Ini yang menjadi cita-cita kami saat ini," katanya.

Rekomendasi