Menteri PUPR Pastikan Venue ASEAN Para Games di Solo Sudah Siap

| 17 Jul 2022 08:11
Menteri PUPR Pastikan Venue ASEAN Para Games di Solo Sudah Siap
Menteri PUPR Basuki Hadimulyono meninjau venue APG 2022 di Manahan Tenis Court (amalia putri/era.id)

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau venue untuk penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 di kota Solo. Dari delapan venue yang disiapkan di kota Solo, semua dianggap sudah baik dan siap untuk digunakan.

Hal ini disampaikan Basuki saat meninjau venue lapangan tenis di kompleks Stadion Manahan, Sabtu (16/7/2022) sore. Untuk persiapan APG 2022 di Solo Raya dan Semarang ini, ada delapan venue yang diperbaiki oleh Kementerian PUPR.

”Ada delapan venue yang kami sentuh. Salah satunya tenis di sini, Sriwedari dan di kampus UNS. Saya kira semua sudah siap,” katanya.

beberapa venue tersebut sebelumnya dalam kondisi yang kurang layak untuk kegiatan internasional. Dengan adanya gelaran APG 2022 pada bulan Agustus tersebut, semua venue diperbaiki dalam waktu kurang lebih sekitar dua bulan belakangan.

”Sudah semua, Manahan ini juga sudah kami perbaiki. Sudah siap semua,” katanya.

Basuki mewanti-wanti agar venue tersebut bisa digunakan dengan baik. Khususnya setelah gelaran APG berakhir. Menurutnya APG 2022 menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk merenovasi.

”Tapi sebetulnya Asean Para Games ini judulnya saja. Tapi setelah ini harus dipakai, kalau enggak nanti eman-eman. Wis didandani larang-larang (sudah diperbaiki mahal-mahal),” katanya.

Sebagai informasi delapan venue yang diperbaiki oleh Kementerian PUPR untuk persiapan APG 2022 diantaranya yakni Stadion Sriwedari, Manahan Tenis Court, GOR UNS, Stadion UNS, GOIR FKOR UNS, GOR UTP, Lapangan Kota Barat dan Tirtonadi Convention Hall. Pengerjaan dilakukan selama dua bulan mulai 1 Juli 2022 hingga 29 Agustus 2022 dengan nilai kontrak Rp 36,22 Miliar.

Rekomendasi