Pemkot Solo Mobilisasi Pelajar untuk Menonton APG 2022

| 28 Jul 2022 22:25
Pemkot Solo Mobilisasi Pelajar untuk Menonton APG 2022
Ilustrasi pembukaan ASEAN Games (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo akan memobilisasi pelajar untuk menonton pertandingan pada ASEAN Para Games. Pengerahan pelajar ini akan berlangsung sesuai dengan jadwal pertandingan mulai 31 Juli sampai 5 Agustus 2022.

Wakil Ketua I Bidang Pertandingan Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC) Sapta Kunta mengatakan pengerahan massa di venue ini dilakukan untuk mengedukasi pelajar.

”Kami berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di masing-masing venue. Nantinya di venue-venue agar ditonton pelajar,” katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (28/7/2022).

Untuk pelaksanaannya Dinas Kesehatan akan membatasi penonton dengan pengukuran suhu tubuh. ”Sehingga akan terseleksi penonton yang kondisinya kurang baik,” ucapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani mengatakan mobilisasi pelajar diizinkan dan sudah diatur INASPOC. Pemkot Solo akan mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan panitia.

”Kalau opening dan closing ceremony nggak maksimal (untuk pelajar), dari sisi kenyamanan, dari sisi kepantasan. Apalagi masih anak-anak kalau sampai malam juga nggak pas. Jadi waktu pertandingan saja,” katanya.

Menurutnya, para pelajar bisa didatangkan ke venue untuk melihat pertandingan saat jam pelajaran olahraga. Terutama untuk murid-murid yang bersekolah di dekat venue pertandingan. ”Sebagai edukasi bisa, mungkin cara pembelajaran dengan membuat karya tulis,” imbuhnya.

Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan jika mobilisasi pelajar itu tidak bersifat wajib. Namun hanya sebagai  imbauan.

“Siswa boleh nonton, silakan, gratis. Nggak diwajibkan, tapi ini (ASEAN Para Games) acara besar jadi rugi kalau nggak nonton. Bukan digiring, ya apa ya, diimbaulah untuk menonton. Ini kan event yang sangat prestisius, ya meramaikanlah,” ucapnya.

Rekomendasi