Film Remake Versi Indonesia Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Tanggapan Vino G Bastian

| 20 Aug 2024 19:45
Film Remake Versi Indonesia Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Tanggapan Vino G Bastian
Vino G Bastian (ERA.id / Adelia Hutasoit)

ERA.id - Aktor Vino G Bastian menanggapi soal film remake versi Indonesia yang dipandang negatif oleh sejumlah netizen. Cibiran datang seiringan dengan film Kang Mak from Pee Mak yang menembus 1,5 juta penonton setelah tayang 5 hari di bioskop seluruh Indonesia.

Suami Marsha Timothy ini menyadari ada sejumlah netizen yang bosan dengan kehadiran film remake versi Indonesia. Bahkan, tak sedikit publik yang anti dengan film remake

"Memang kalau untuk sebuah film remake itu kan bisa jadi buah simalakama ya. Ketika kita promosikan awal tuh yang anti dengan film remake itu luar biasa. Remake lagi, remake lagi, bosen gitu kan," ujar Vino G Bastian, saat ditemui di kawasan Duren Tiga Raya, Pancoran, Jakarta Selatan pada Selasa (20/8). 

Di sisi lain, Vino melihat jika film remake bisa menjadi peluang. Sebab, banyak penonton yang ingin melihat film versi Indonesia. Bapak anak satu ini mengaku sempat meragukan film Miracle in Cell No.7 yang di remake versi Indonesia.

"Tapi kalau misalnya kita melihat secara data, mungkin yg nonton film Pee Mak banyak jumlahnya di Indonesia. Tapi yang belum nonton mungkin lebih banyak lagi sama kayak waktu kita merilis Miracle in Cell No.7. Saya mungkin jadi salah satu orang yang (berpikir) ngapain sih diremake lagi," katanya

"Film itu udah bagus banget, nggak perlu lah diremake lagi. Kalaupun mau remake pilihannya harus cuma satu, harus lebih bagus gitu. Akhirnya tetap kita buat. Eh deg-degan sekali gitu penonton responnya, apalagi belum nonton itu kan kayak estimate, pesimis gitu," tambahnya. 

Aktor berusia 42 tahun ini mengatakan film remake memiliki potensi besar di Indonesia. Banyak film remake yang sukses membius perhatian publik sampai tembus lebih dari 1 juta penonton.

"Begitu kita nonton ternyata menemukan market baru gitu di Indonesia, yang bisa dibilang ini jadi salah satu celah lagi buat industri film untuk mengumpulkan pundi-pundi uang gitu," imbuhnya.

Vino G Bastian menceritakan momen saat mempromosikan film Kang Mak (from Pee Mak) di bioskop kawasan Bekasi. Ia melihat rombongan ibu-ibu yang mem-booking hingga 4 studio. 

Tetapi, ibu-ibu tersebut belum pernah menonton film Pee Mak yang asli. Sehingga, ibu-ibu itu merasa Kang Mak (from Pee Mak) adalah film baru dan bukan remake.

"Tren ini memang berjalan, ketika nonton sudah pernah nonton yang original, merasa kalau di film indonesia diadaptasi menjadi sesuatu yang baru. Terutama buat orang yang malas baca subtitle. Nggak usah baca subtitle." tutupnya. 

Film Kang Mak From Pee Mak tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia sejak 15 Agustus 2024. Selain Vino G Bastian, film ini dibintangi oleh Marsha Timothy, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Indro Warkop, Jirayut, Ananta Rispo, Aming, Andre Taulany, dan Tarzan.

Rekomendasi