Hadirkan 120 Film dari 61 Negara, Jakarta World Cinema Week Siap Digelar

| 22 Aug 2024 21:25
Hadirkan 120 Film dari 61 Negara, Jakarta World Cinema Week Siap Digelar
Jakarta World Cinema (ERA/ Adelia Hutasoit)

ERA.id - Jakarta World Cinema (JWC) kembali hadir pada edisi ketiganya di tahun 2024. JWC tahun ini membawa semangat yang lebih besar dan menghadirkan berbagai program menarik.

JWC tahun ini akan memutar total 120 film dari 61 negara. Festival film internasional ini berlangsung pada 21 September hingga 28 September 2024.

JWC digelar secara luring di Bioskop CGV Mal Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, serta secara daring lewat platform streaming KlikFilm,  memberikan akses yang lebih luas bagi penonton di seluruh Indonesia.

Pembukaan dan Penutupan Festival

JWC 2024 akan dibuka dengan pemutaran film The Substance karya Coralie Fargeat, sebuah karya yang telah mencuri perhatian di berbagai festival internasional. 

Sementara itu, sebagai penutup festival, Bird karya Andrea Arnold, sebuah film yang telah dinantikan oleh banyak penggemar film, akan menjadi suguhan terakhir yang penuh makna.

Dengan jumlah film yang diputar dua kali lipat lebih banyak dari tahun lalu, JWC 2024 berkolaborasi dengan CGV untuk mengalokasikan empat auditorium guna mengakomodasi pemutaran filmnya. 

Ini merupakan peningkatan signifikan dari dua auditorium pada tahun sebelumnya, mencerminkan antusiasme dan permintaan yang tinggi dari publik.

Perkenalan First Feature Competition

Selama dua tahun pertama JWC hadir sebagai festival film non-kompetisi. Tahun ini, JWC memperkenalkan First Feature Competition, sebuah langkah penting untuk mendorong dan mengapresiasi bakat-bakat baru dalam dunia perfilman. 

Kompetisi ini akan menyaring 13 film debut dari berbagai negara untuk bersaing memperebutkan dua penghargaan, yakni Best Director dan Best Film. Sementara itu, pengunjung festival juga dapat menjadi juri dengan cara memberikan voting terhadap film yang nantinya akan diganjar piala Audience Award.

Dalam sesi kompetisi ini, tiga juri yang sangat berpengaruh dalam perfilman Indonesia yaitu Lola Amaria, Yosep Anggi Noen, dan Makbul Mubarak akan memberikan penilaian mereka.

Kehadiran Tamu Internasional

Festival ini juga akan dihadiri oleh para sineas internasional yang membawa karya-karya mereka untuk diputar dan diperbincangkan di JWC 2024.

Beberapa di antaranya adalah Selman Nacar, sutradara Hesitation Wound dari Turki; Jianjie Lin, sutradara Brief History of a Family dari Tiongkok; serta Nelicia Low, sutradara Pierce dari Singapura

Frederica, selaku Executive Director JWC, menyampaikan harapannya untuk JWC 2024. 

"Tahun ini adalah tonggak sejarah bagi JWC dengan diadakannya kompetisi pertama kami. Kami ingin memberikan platform kepada para sineas baru untuk menunjukkan karya mereka kepada dunia, dan Jakarta World Cinema adalah salah satu wadah yang tepat untuk itu,"  bebernya, saat ditemui FX Sudirman, Jakarta pada Kamis (22/8).

Sementara itu, Shandy Gasella, Festival Director JWC mengatakan penambahan auditorium dan jumlah film yang diputar adalah bentuk komitmen kami untuk terus berkembang.

"Menjadikan JWC sebagai festival film yang inklusif dan beragam. Kami berharap festival tahun ini akan memberikan pengalaman sinematik yang tak terlupakan bagi semua," ujar Shandy.

Jakarta World Cinema 2024 menjanjikan sebuah perayaan sinema yang penuh dengan kejutan, dan tentunya apresiasi terhadap karya-karya film yang berkualitas. 

Rekomendasi