Festival Film Jakarta World Cinema Week 2023 Hadirkan 90 Film dari 54 Negara

| 19 Oct 2023 17:45
Festival Film Jakarta World Cinema Week 2023 Hadirkan 90 Film dari 54 Negara
Jakarta World Cinema Week (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Jakarta World Cinema Week (JWCW) kembali hadir menyapa para penggemar film di Indonesia. Di tahun keduanya ini, JWCW menghadirkan 90 Film dari 54 negara.

Inshallah a Boy garapan sutradara asal Yordania, Amjad Al-Rasheed, dipilih menjadi film pembuka. Film ini mengangkat isu seputar hukum hak waris dalam Islam yang menimpa seorang janda beranak satu (perempuan), yang mendapatkan pujian hangat pasca Cannes 2023 lalu, juga sebagai film perwakilan resmi Yordania untuk Oscars 2024.

Kemudian film Shayda garapan Noora Niasari, sutradara kelahiran Iran yang kini menetap di Australia, dipilih menjadi film penutup. Filmnya merupakan dramatisasi kisah hidup Noora bersama ibunya yang pernah merasakan pahitnya hidup di penampungan imigran kala mencari kebebasan.

“Kami memilih dua sebagai pembuka dan penutup karena mempunyai kesamaan benang merah tentang perjuangan perempuan di tengah dunia sekarang,” kata Festival Programmer JWCW, Daniel Irawan saat konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Monster (Hirokazu Koreeda, 2023), The Pot au Feu (Anh Hung Tran, 2023), Perfect Days (Wim Wenders, 2023), Fallen Leaves (Aki Kaurismaki, 2023), Badrun & Loundri (Garin Nugroho, 2023), A Brighter Tomorrow (Nanni Moretti, 2023), adalah sebagian dari total 90 film terbaik dari 54 negara yang siap memuaskan dahaga sinefil dan festivalgoer di bulan November mendatang. Ada 35 film yang tayang di CGV, dan 55 film yang tayang di KlikFilm dengan lineup masing-masing.

JWCW kali ini juga menghadirkan film-film Indonesia seperti Melukis Luka, garapan Prisia Nasution, yang dibintangi Bio One dan Rachel Amanda. Lalu ada film Koridor garapan Indra Gunawan, yang dibintangi Prisia Nasution dan Iedil Dzuhri Alaudin, serta film Malaikat Tanpa Sayap karya Danial Rifki, dibintangi Mawar Eva De Jongh dan Ciccio Manassero.

“Lineup film JWCW yang sebagian besar merupakan jebolan festival film paling bergengsi di dunia adalah ciri khas unik yang akan terus melekat pada JWCW. Saya ingin orang mengingat JWCW sebagai festival film yang ramah dengan audiens umum, bahwa film-film yang tayang di JWCW, lewat kurasi yang cermat dapat mengenyahkan kesan jika ‘film festival’ itu selalu bikin ngantuk,” Festival Director JWCW, Shandy Gasella.

Film-film yang ada di daftar Jakarta World Cinema Week ini dapat disaksikan secara luring di bioskop CGV Grand Indonesia Jakarta, dan secara daring melalui layanan video streaming KlikFilm mulai tanggal 11 hingga 18 November mendatang.

Rekomendasi