Persembahkan Annual Show Bertajuk 'Percaya', Ria Miranda Hadirkan Desain Spektakuler Terinspirasi dari Ikan Cupang

| 06 Dec 2022 08:26
Persembahkan Annual Show Bertajuk 'Percaya', Ria Miranda Hadirkan Desain Spektakuler Terinspirasi dari Ikan Cupang
Koleksi terbaru Ria Miranda (Dok. Era.id/Vessy)

ERA.id - Mengusung tema 'Percaya', desainer Modest Fashion, Ria Miranda menggelar Tenth Annual Show. Dengan menumbuhkan rasa percaya, semangat baru akan muncul untuk menyambut kehidupan yang lebih baik. RiaMiranda menggunakan tema ini untuk kolaborasinya bersama KitaBisa.com dalam program “Beasiswa Menjahit Asa,” yang menjadi komitmen brand untuk menjunjung nilai kebaikan dan manfaat.

“Tahun ke-10 selalu menjadi perjalanan spesial, baik secara internal sampai koordinasi dengan pihak eksternal. Kali ini, ikhtiar untuk offline event selama 2 hari, RiaMiranda Annual Show digelar oleh 3 pihak. Kita pun akan mencapai versi terbaik dari diri kita sendiri asalkan kita selalu punya kepercayaan," ujar desainer Ria Miranda, pemilik brand RiaMiranda dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Ria Miranda menuturkan, tema 'Percaya' diambil sebagai bentuk optimisme dan semangat baru. Memang, koleksi yang disuguhkan sebanyak 64 looks sedikit keluar dari zona aman. Inovasi baru muncul lewat perpaduan teknik yang digabungkan dalam satu look.

"Contohnya antara lain adalah vibrant realist painting yang dicampur dengan 3D crochet. Permainan warna, silhouette, dan ornament pattern akan tampil lebih vibrant, berbeda dari koleksi yang sebelumnya. Tak hanya pastel, warna neon dan warna-warna menyala lainnya akan muncul," ucapnya lebih lanjut.

Bila selama ini desain Ria Miranda diwarnai dengan nuansa lokal, kali ini tidak akan ditemukan. Ia banyak mengeksplorasi hal baru yang inspirasinya diperoleh dari lingkungan sekitar. Salah satunya ikan cupang.

"Tema tahun ini nggak ada sama sekali nuansa Minang. Saya tarik mundur dan mencoba keluar menemukan ide baru. Lalu, muncul ide dari ikan cupang di kantor. Ternyata begitu dieksplor, warnanya beragam dan bagus-bagus.

Ria Miranda menjelaskan, ada beberapa print tapi lebih abstrak. Walau tidak literally ikan. Inspirasi itu gak mau terlalu literal tp santai n real yg bisa diliat dpn mata.

Tren yg sekalian gede gitu atau yg terlalu kecil gitu loh. Aksesoris bikin handmade croche jg kek pengrajin gitu, beads jg full utk tas, jg sepatu bikin sendiri, ciput bikin sndiri ciputnya punya detail sendiri gitu loh yg lurus, beda dgn ciput biasa bahan knit ciput poni yg unik gitu loh. Kaos kaki print skrg lebih ke print.

"Warna bakal blink seperti ada sentuhan magenta, lime green, dan fushia. Sementara bahan, ada tafeta, silk, organza, satin silk. Untuk cutting baru juga terinspirasi dari ikan cupang. Seperti cutting ruffles atau asimetris," paparnya.

Sementara itu, cutting yang ditampilkan mencakup ruffles, asymmetric, loose, layered, puffy dan oversized. Siluetnya hadir dalam bentuk A-line, balloon, empire, Y-line dan shift. Tak hanya itu, bahan yang dipakai adalah sutra, rajut, denim, crepe, chiffon, cotton lace, lace, organza dan taffeta.

Dan yang terakhir adalah fokus pada variasi detail — pleating, embroidery, crochet, beads, 3D print, cut-out, laser cut dan dye.

Rekomendasi