Biar Panjang Umur, Inilah 4 Cara Merawat Ikan Cupang yang Tidak Boleh Sembarangan

Tim Editor

Ikan cupang (Foto: Unsplash/Worachat Sodsri)

ERA.id - Saat ini, ikan cupang terbilang sangat populer. Ikan aquarium ini terkenal dengan warnanya mencolok, sisik warna-warni dan sirip panjang berkibar yang cantik. Ikan cupang terkenal sebagai ikan teritorial dan berkelahi jika keduanya ditempatkan bersama.

Tak heran, jika ikan cupang menjadi primadona bagi banyak orang, terutama kolektor ikan. Untuk merawatnya, kamu harus bisa memperhatikan secara matang-matang agar ikan cupang tidak mati. Berikut 4 cara merawat ikan cupang yang tak bisa sembarangan, seperti dilansir dari The Nest.

1. Perhatikan ukuran akuarium

Ikan cupang (Foto: Pexels/Tim Mossholder)
Ikan cupang (Foto: Pexels/Tim Mossholder)

Untuk merawat ikan cupang dengan benar, kamu bisa menempatkannya di dalam akuarium minimal ukuran 18 liter. Kamu juga kerap menjumpai ikan cupang di toko hewan peliharaan yang ditempatkan wadah kecil.

Dengan menaruhnya di wadah kecil bisa itu bisa menghemat ruang. Sebab, ikan cupang tidak bisa ditempatkan dalam satu wadah secara bersamaan. Hal itu karena adanya agresi satu sama lain.

2. Ganti air

Cara merawat ikan cupang berikutnya adalah memastikan untuk mengganti airnya sebanyak 50 persen setiap hari. Hal itu penting agar ikan cupang bisa tumbuh lebih besar dan sehat.


Maka dari itu, mengganti sebagian besar air pada akuarium berisi ikan cupang sangatlah menggunakan air bersih itu penting. Hal ini supaya ikan cupang mampu tumbuh maksimum.

3. Suhu akuarium

Ikan cupang (Foto: Unsplash/Kyaw Tun)
Ikan cupang (Foto: Unsplash/Kyaw Tun)

Selanjutnya, pastikan untuk mempertahankan suhu akuarium di angka 22-26 derajat Celsius. Seperti diketahui, perubahan suhu mengakibatkan ikan cupang stres.

Ikan cupang stres berdampak pada pertumbuhannya jadi terhambat. Jika terjadi perubahan terlalu sering atau perubahan drastis secara mendadak, dapat membuat ikan cupang mati.

4. Makanan ikan cupang

Untuk makanannya, kamu bisa memberi makan ikan cupang menggunakan makanan yang kaya akan serat dan berprotein tinggi. Adapun makanan yang bisa diberikan yaitu berupa campuran udang tumbuk, cacing darah, dan vitamin.

Makanan ini berguna untuk membentuk kekebalan tubuh pada ikan cupang. Setidaknya berilah makan ikan cupang 2-3 kali dalam sehari. Selain itu, berikan ikan cupang makanan yang mampu dikonsumsi dalam beberapa menit.

Tag: ikan cupang Akuarium Ikan Cupang merawat ikan hias

Bagikan: