Jenis-jenis Jam Tangan dari Masa ke Masa, Mana yang menjadi Favorit Anda?

| 06 May 2023 21:05
Jenis-jenis Jam Tangan dari Masa ke Masa, Mana yang menjadi Favorit Anda?
Ilustrasi jam tangan (Pixabay)

ERA.id - Seperti yang kita ketahui, selain memiliki fungsi penunjuk waktu, jam tangan saat ini juga memiliki fungsi fashion. Perkembangan zaman telah membawa perkembangan yang sama juga untuk jam tangan. Telah terjadi penyesuaian fungsi jam tangan sesuai dengan situasi masyarakat, gaya hidup, budaya, dan sebagainya.

Sejak populer pada abad ke-16, jam tangan sudah menerima porsi perhatian di masyarakat. Apalagi, benda ini sangat diperlukan sejumlah orang pada saat itu.

Namun, jam tangan yang diperkenalkan di masa itu masih menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jika dibandingkan dengan jam tangan pada hari ini, jelas berbeda, meski jam automatic masih dijadikan primadona hingga saat ini.

Ilustrasi (Pixabay)

Di bawah ini adalah berbagai jenis jam tangan yang bisa Anda jadikan referensi.

Jenis-jenis Jam Tangan

1. Jam Tangan Quartz

Jenis jam tangan ini merupakan jenis yang paling umum digunakan pada saat ini. Ditenagai penggerak Quartz, jam jenis ini disebut yang paling akurat mengenai ketepatan waktu.

Namun, jam tangan jenis ini memiliki kekurangan, pasalnya jam tangan dengan movement Quartz masih memerlukan baterai yang harus diganti secara berkali jika dayanya sudah habis.

2. Jam Tangan Automatic

Berbeda dengan Quartz, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak memerlukkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan menggunakan tenaga dari penggerak itu sendiri. Hal ini biasanya dilakukan oleh para pecinta arloji.

“Tik-tok-tik-tok…” Demikianlah ciri khas jam tangan ini. Jam bermesin mekanis sangat mudah dikenal karena siapa pun dapat mendengar suara ticking. Umumnya berharga cukup mahal, namun harga yang ditawarkan pada saat ini lebih beragam.

3. Jam Tangan Chronograph

Salah satu jam tangan yang populer diperjual-belikan yaitu jam tangan chronograpgh. Jenis jam tangan ini sebenarnya bukanlah inovasi terbaru, tetapi sudah ada sejak lama.

Pada awal 1800-an, petinggi kerajaan Prancis memerintahkan bawahannya untuk menciptakan petunjuk waktu yang lebih akurat dalam kegiatan balap kuda.

Hasilnya, tentu jam tangan chronograph yang memiliki ciri tiga lingkaran waktu berukuran kecil pada permukaan utama jamnya.

4. Jam Tangan Digital

Pada awal tahun 2000-an, jam tangan digital ramai beredar di pasaran. Jenis jam tangan digital ada bermacam-macam fitur, termasuk alarm, varian waktu, stopwatch, dan sebagainya. Jam tangan digital memerlukan baterai untuk beroperasi.

Demikianlah beberapa jenis jam tangan yang dapat Anda temukan. Kira-kira mana yang menjadi selera Anda?

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi