Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Automatic, Pahami Dulu Sebelum Membelinya

| 21 Jan 2023 19:05
Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Automatic, Pahami Dulu Sebelum Membelinya
Ilustrasi jam tangan automatic (freepik)

ERA.id - Jam tangan bukan hanya menjadi alat penunjuk waktu, tetapi juga menjadi bagian dari fashion. Salah satu jenis jam tangan yang menarik dari sisi mesin adalah jam tangan automatic. Jika ingin membelinya, kelebihan dan kekurangan jam tangan automatic perlu Anda ketahui terlebih dahulu agar tidak salah paham.

Nilai seni tertinggi dari jam tangan automatic adalah bagian mesinnya sebab alat ini bisa tetap hidup meski tidak menggunakan baterai. Konstruksi mesin yang rumit membuat jam tangan ini kerap dipatok dengan harga yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Automatic

·         Kelebihan

Ada beberapa kelebihan dari jam tangan automatic sehingga Anda layak untuk memilikinya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini yang dikutip Era dari INTime.

1.    Panjang umur

Masa pakai yang sangat panjang menjadi daya tarik utama dari jam tangan automatic. Jam tangan ini bisa bertahan hingga puluhan tahun jika perawatan yang baik diberikan.

Jam tangan dengan beterai akan berhenti bekerja saat daya baterainya habis—semahal apa pun jam tersebut. Namun, jam tangan automatic tak lagi bekerja jika pemiliknya berhenti memakainya dalam beberapa hari. Jam tangan automatic akan tetap bergerak selama digunakan terus.

2.    Eksis dalam waktu lama

Jam tangan automatic memiliki keunggulan yang tak mudah digeser oleh jenis teknologi lain. Meski saat ini ada banyak jam tangan jenis baru, misalnya smartwatch, jangan tangan automatic tetap eksis di masyarakat.

Desain jam tangan automatic biasanya terinspirasi dari jam tangan terdahulu. Jam tangan ini memberikan karakter unik yang tidak sama dengan berbagai jenis jam tangan lainnya.

  1. 3.    Sumber energi yang unik

Daya yang didapatkan oleh mesin jam tangan automatic untuk menggerakkan jarum-jarumnya adalah pergerakan penggunanya. Rotor pada mesin akan bergerak saat pergelangan tangan bergerak. Hal ini juga menghadirkan hubungan tersendiri atau keterkeritakan antara jam tangan dengan penggunanya.

  1. 4.    Investasi

Perawatan yang baik terhadap jam tangan automatic membuat nilainya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki jam tangan automatic yang bagus kemudian terus merawatnya dengan baik, keuntungan bisa didapatkan di kemudian hari sebab harganya bisa terus meningkat. Kondisi mesin yang masih prima membuat jam tangan ini begitu bernilai saat usianya sudah tua.

  1. 5.    Bernilai seni

Seperti disebutkan sebelumnya, jam tangan ini memiliki nilai seni pada bagian mesin. Pembuatan jam tangan automatic butuh kemampuan yang tinggi dan waktu yang lama, bahkan lebih lama daripada pembuatan jam tangan quartz. Kompleksitas mesin membuat jam tangan ini tak bisa dibuat dengan mudah.

  • ·         Kekurangan

Meski jam tangan automatic memiliki segudang keunggulan, tetapi ada beberapa hal yang menjadi kelemahannya. Simak penjelasan berikut agar Anda lebih bijak sebelum memutuskan untuk membelinya.

1.    Akurasi dari jam tangan automatic tidak seakurat jam tangan baterai. Sebagian besar produsen jam tangan mekanis menyampaikan bahwa jam tangan jenis ini setiap hari mengalami pergeseran waktu sekitar 10 detik lebih cepat atau lebih lambat.

2.    Mati saat lama tidak dipakai. Secara umum, jam tangan automatic memiliki daya tahan selama 40 jam–72 jam. Jam tangan tersebut akan mati jika tidak digunakan atau diberi gerakan dalam waktu yang agak lama.

3.    Jam tangan automatic yang lama tidak bekerja atau berfungsi membuat kualitas lubrikasi pada mesin bisa menurun. Hal tersebut bisa mengganggu kinerja jam tangan.

4.    Jam tangan automatic tidak membutuhkan biaya lebih untuk baterai, tetapi biaya perbaikannya yang lebih mahal daripada jam tangan baterai dengan fitur sejenis.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jam tangan automatic. Sebelum membelinya, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan Anda.

Rekomendasi