Cegah Kanker Payudara, Bra yang Tepat, Nyaman, dan Aman Dipakai Sehari-hari

| 17 Oct 2023 17:55
Cegah Kanker Payudara, Bra yang Tepat, Nyaman, dan Aman Dipakai Sehari-hari
Ilustrasi perempuan menggunakan bra sport (Dok. Unsplash)

ERA.id - Saat ini, kanker payudara tercatat sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Berbagai upaya pemberian edukasi mengenai kanker payudara telah dilaksanakan. Namun, keterbatasan juga membuat banyak masyarakat kesulitan untuk menjangkau akses informasi, pengobatan dan deteksi dini.

Menurut Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2020, kanker payudara menempati peringkat pertama untuk kasus baru dengan lebih dari 65 ribu kasus baru atau sekitar 16,6% dari keseluruhan kasus baru kanker di Indonesia. Hal ini memerlukan perhatian khusus, terutama bagi perempuan. Penting halnya untuk mengetahui dan lebih peduli akan faktor yang memicu penyakit ini, serta kiat pencegahan untuk memitigasi resiko dari penyakit tersebut, dimulai dari memilah pakaian sehari-hari dengan lebih bijak.

Pemilihan pakaian dalam atau Innerwear yang tidak sesuai dinilai menjadi salah satu faktor yang berkaitan dengan peningkatan resiko kanker payudara. Pasalnya, penggunaan bra yang terlalu ketat dan menekan payudara bisa berbahaya dan dapat memicu perkembangan sel kanker. Lalu, selain ukuran, hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bra adalah bahan dari bra tersebut. Bahan innerwear yang terpilih dengan baik akan mampu menjaga suhu di area payudara agar tidak mengubah fungsi hormon yang meningkatkan resiko kanker payudara.

Lisqia Lalantika, Marketing Manager UNIQLO Indonesia mengatakan, guna mendorong para perempuan untuk lebih peduli dalam memilih pakaian yang tepat dan terbaik untuk tubuhnya, maka penting pemilihan innerwear bagi kesehatan perempuan.

"Bra yang dilengkapi dengan teknologi yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh, serta desain wireless dapat memberikan  kenyamanan saat digunakan sehari-hari tanpa rasa sesak/ketat," ujarnya dikutip dari siaran resmi yang diterima Era.id.

Memasuki Bulan Kesadaran Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month) di Oktober ini, perusahaan ritel global asal Jepang tersebut membagikan rekomendasi pilihan bra yang nyaman untuk mengantisipasi kanker payudara yang disebebakan karena salah memilih pakaian dalam.

3D Hold

Bra dengan desain cup yang unik dan nyaman serta pas dikenakan karena fit yang sempurna dan elastis. Dengan struktur cup tiga dimensi khas yang cocok dengan beragam bentuk tubuh serta tanpa jahitan sehingga tidak tampak dari luar. Bra ini dilengkapi dengan teknologi AIRism untuk memberikan kenyamanan saat dikenakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Ultra Relax

Bra yang menggunakan bahan seamless dengan desain tanpa jahitan di bagian leher, lubang lengan dan bagian bawah payudara ini sangat ringan dan tidak ketat, seakan Anda seperti tidak menggunakan apapun. Struktur cup dan bahu menyangga dengan baik serta didesain tanpa hook pengait Terbuat dari bahan AIRism yang tipis, lembut dan cepat kering, jenis bra ini lebih nyaman digunakan saat ingin bersantai maupun beristirahat.

Rekomendasi