Tujuan Peringatan No Bra Day, Sejarah, dan Cara Merayakannya

| 13 Oct 2023 12:05
Tujuan Peringatan No Bra Day, Sejarah, dan Cara Merayakannya
Tujuan peringatan no bra day (unsplash)

ERA.id - Tujuan peringatan "No Bra Day," atau Hari Tanpa Bra, kini telah menjadi topik perbincangan yang semakin penting dalam masyarakat.  Hal tersebut tidak lain semakin banyaknya kesadaran masyarakat akan kesehatan kewanitaan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tujuan-tujuan penting dari peringatan No Bra Day dan dampaknya dalam upaya pencegahan kanker payudara serta dukungan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Apa Tujuan Peringatan No Bra Day?

Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra yang jatuh tepat di tengah Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Peringatan ini sekaligus menjadi waktu bagi perempuan (dan juga laki-laki!) untuk mempelajari tentang kesehatan payudara.

No Bra Day juga menjadi pembantu untuk mengingatkan orang bahwa kanker payudara adalah penyakit yang berpotensi fatal, meskipun juga sangat mudah dideteksi dan dapat diobati.

Dengan demikian tujuan dari Hari Nasional Tanpa Bra adalah menjadi pengingat tentang belajar mengenali tanda-tanda peringatan awal dan mendapatkan keunggulan dalam perjuangan melawan kanker.

apa maksud dari hari tanpa bra (unsplash)

Sejarah dan apa maksud dari hari tanpa bra?

Dilansir dari national today, sejarah No Bra Day dapat ditelusuri kembali pada tanggal 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011.

Diketahui pada 19 Oktober 2011 tepatnya di Toronto, Kanada, Dr. Mitchell Brown menjadi inisiator Hari BRA melalui acara Rekonstruksi Payudara.

Hari BRA dirayakan untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan yang menjalani mastektomi dan mendorong pemeriksaan payudara sendiri.  Sebelumnya pada bulan Juli di tahun yang sama, seseorang dengan nama samaran Anastasia Doughnuts mencetuskan Hari Nasional Tanpa Bra.

Anastasia mencetuskan Hari Tanpa Bra untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara, bersama dengan pembuatan situs web untuk membantu mempromosikan acara tersebut.

Hingga kemudian tiga tahun kemudian, kedua hari bersejarah tersebut digabungkan dan dipindahkan ke tanggal 13 Oktober untuk dirayakan selama Bulan Kesadaran Kanker Payudara Nasional.

Bagaimana Cara Merayakan Hari Tanpa Bra?

  1. Pelajari cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri

Menurut Pusat Medis Johns Hopkins, "40 persen kanker payudara yang didiagnosis ditemukan oleh perempuan yang merasakan benjolan," dan kunci untuk mengalahkan kanker adalah mendeteksinya sejak dini.

Di masa kini pemeriksaan kanker payudara menjadi semakin mudah dilakukan, lantaran banyaknya informasi di internet tentang pemeriksaan payudara sendiri, selain Anda  dapat berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Jika Anda merasakan benjolan atau melihat ketidakberesan apapun (seperti keluarnya cairan, kerutan, atau kerut), maka segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

  1. Berpartisipasi di media sosial

Perayaan kedua adalah dengan cara membagikan dukungan Anda untuk rekan-rekan yang merayakan Hari Tanpa Bra dengan mendokumentasikan pengalaman Anda di media sosial.

Terhubung dengan orang lain yang juga merayakan hari ini dapat menghasilkan komunikasi yang bermanfaat, tips tentang pengobatan kanker yang baik, atau bahkan sebuah persahabatan.

  1. Beli bra baru

Poin ketiga ini mungkin terdengar nyeleneh, tetapi Hari Nasional Tanpa Bra adalah alasan yang bagus untuk memanjakan diri dengan bra yang lebih nyaman. Hal tersebut lantaran bra yang tidak pas bisa menjadi masalah sebenarnya.

Selain tujuan peringatan no bra day, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi