Usung Tema Fashion Continuum, Jakarta Fashion Week 2024 Resmi Digelar Selama Sepekan

| 23 Oct 2023 14:29
Usung Tema Fashion Continuum, Jakarta Fashion Week 2024 Resmi Digelar Selama Sepekan
Konferensi pers JFW 2024 (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 akhirnya resmi digelar di Pondok Indah Mall (PIM) III, mulai Senin 23-29 Oktober 2023. Acara fashion tahunan ini mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations. 

Tema Fashion Continuum: Bridging Generations bermakna untuk menyatukan berbagai industri kreatif dan desainer lintas generasi, dalam satu panggung penuh gaya dan inspirasi. 

Sebanyak 120 perancang busana terbaik di kancah mode nasional dan internasional bakal tampil dalam 34 fashion show.

Konferensi pers JFW 2024 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers JFW 2024 (Foto: Era.id/Adelia)

"Itu yang menjadi fondasi Jakarta Fashion Week adalah ransitional generation, fashion continuum, generation after generation, running innovation. Ini dirayakan oleh JFW," ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group saat opening JFW 2024 di Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Jakarta Selatan pada Senin (23/10/2023).

"Tentunya juga penerapan sustainability karena menjadi topik. Hadirnya JFW 2024 menjadi banyak wawasan diterima, desainer makin banyak merakumnya. Fashion  artikel juga naik," lanjutnya. 

Sementara itu, Andandika Surasetja, selaku Creative Director Jakarta Fashion Week mengungkapkan Jakarta Fashion Week 2024 diaplikasikan dengan lomba perancang mode yang diyakini bisa menjembatani lintas generasi.

Konferensi pers JFW 2024 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers JFW 2024 (Foto: Era.id/Adelia)

"Melalui ajang mode jadi lintas generasi. Juri-jurinya merupakan desainer terbaik Indonesia tahun ini dari generasi berbeda, yakni Sebastian Gunawan, Hian Tjen, dan lainnya," kata Anandika.

Anandika mengungkapkan tantangan JFW 2024 adalah gebrakan untuk membangkitkan kreasi untuk para desainer maupun brand. Selain itu, JFW 2024 menghadirkan tren industri fashion Indonesia untuk setahun kedepan.

"Untuk challenge tahun ini sangat menarik karena tahun lalu JFW berlangsung itu jadi gebrakan membangkitkan kreasi JFW. Setelah JFW banyak desainer atau brand dengan prestasi sendiri. karena intinya kami berjuang, bangkit, dan semangat," bebernya

"Ini begitu aktif berkarya, sehingga menyusun line up. Sangat menyenangkan, karena kita mempresentasikan. Kita tau Indonesia membawa apa saja. Ini menjadi acuan tren di masa yang akan datang," tuturnya.

Jakarta Fashion Week 2024 pun kembali hadir secara luring berdampingan dengan eksekusi daring. Penikmat mode dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia, dapat menyaksikan koleksi dan tren terbaru dunia mode tanah air melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV. 

Kemudahan akses untuk menyaksikan JFW 2024 juga dapat diperoleh dengan mengikutinya dari berbagai kanal media sosial, seperti Instagram, Facebook, X, dan TikTok. JFW 2024 menampilkan Dewi Fashion Knights, yang hadir dalam dua shows. Pertama, "The Visionary" presents JAN SOBER, Rama Dauhan, Byo pada tanggal 28 Oktober 2024. Yang kedua  "The Artistry" presents HIAN TJEN, MAHIJA pada tanggal 29 Oktober 2023.

Selanjutnya adalah fashion force awards yang dipersembahkan untuk perancang-perancang muda atau jenama-jenama lokal yang masih tergolong baru berdiri. Fashion Force Award 2023 menampilkan KALLA rona, saya, Blanc Studio, Acheté de Nous (ready-to-wear) dan ISSHU, ØJE Eyewear, Esemu, Gelap Ruang Jiwa (aksesori).

Berikutnya, Lomba Perancang Mode yang merupakan kompetisi perancang mode pertama dan terbesar di Indonesia. Tahun ini, Lomba Perancang Mode 2023 telah memilih 10 finalis yang diprediksi akan menjadi penerus perancang mode terkemuka Indonesia. 

JFW 2024 menghadirkan 120 perancang mode nasional dan internasional. Ada nama-nama seperti Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Danjyo Hiyoji, Bin House, Hian Tjen, Stella Rissa, Sejauh Mata Memandang, hingga Ria Miranda, akan menampilkan koleksi terbaru mereka untuk tren 2024. Pada JFW 2024, Korea Selatan melalui Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria juga mendukung JFW dengan menampilkan perancang-perancang mode pilihan mereka.

Di JFW 2024, pemerhati mode akan menyaksikan kolaborasi mode dan kecantikan di runway dengan dukungan Pond’s Age Miracle Indonesia dan Buttonscarves Beauty. JFW 2024 tentunya telah dinanti oleh semua penggemar mode Indonesia.

Rekomendasi