Tampil di Debat Cawapres, Pasangan Ganjar-Mahfud Curi Perhatian Pakai Baju Adat Pulau Rote dan Madura

| 22 Dec 2023 19:35
Tampil di Debat Cawapres, Pasangan Ganjar-Mahfud Curi Perhatian Pakai Baju Adat Pulau Rote dan Madura
Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Tangkapan Layar)

ERA.id - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, tampil mencuri perhatian di acara debat cawapres, Jumat (22/12/2023).

Digelar di Jakata Convetion Center (JCC), pasangan yang Ganjar-Mahfud muncul dengan mengenakan pakaian daerah. Muncul terakhir, pasangan ini keluar dengan senyum sumringah dan percaya diri dibalut pakaian adat.

Ganjar Pranowo mengenakan pakaian adat dari pulau Rote, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Seperti pakaian adat Rote untuk pria, Ganjar mengenakan kemeja polos warna putih dengan lengan panjang yang dipadukan bersama kain tenun sebagai pengganti celana.

Kemudian ditambahkan pula kain yang disampirkan di pundak kanan hingga pinggang kiri dengan motif yang senada seperti bawahannya.  Selaian kain tenun yang menjadi khasnya,  ciri khas lain yang dimiliki pakaian adat Rote terletak pada adanya Ti’i langga. Ti’i langga merupakan topi khas Rote dengan bentuk menyerupai topi Meksiko.

Sementara itu, Mahfud MD tampil mengenakan pakaian adat laki-laki khas Madura. Pakaian adat masyarakat Madura untuk laki-laki disebut dengan baju pesa’an. Baju pesa’an merupakan pakaian yang memiliki ukuran serba longgar dan berwarna hitam. Ketika menggunakannya, dikombinasikan dengan kaos garis merah hitam atau merah putih.

Untuk bawahannya, Mahfud memakai celana gombrang disebut dengan gomboran. Panjang celananya di antara lutut dan mata kaki atau sampai mata kaki.

Rekomendasi