Boikot Nike Viral di Medsos Gegara Diduga Rilis Sepatu Lambang Bendera Israel

| 05 Mar 2024 10:50
Boikot Nike Viral di Medsos Gegara Diduga Rilis Sepatu Lambang Bendera Israel
Nike diduga rilis sepatu bendera Israel (X/@DrLoupis)

ERA.id - Seruan boikot terhadap brand fashion Nike semakin memanas. Hal ini terjadi usai brand tersebut diduga merilis sepatu dengan lambang bendera Israel.

Sepatu Nike dengan lambang bendera Israel tersebut dibagikan oleh akun X @DrLoupis, pada Senin (4/3/2024). Terlihat pada video yang dibagikan sepatu tersebut berwarna putih dengan corak garis biru, dan lambang bendera Israel di tengahnya dengan warna biru juga.

"@Nike ingin bangkrut! Mari tetap boikot pembunuh anak-anak! #BoycottNike," tulis akun tersebut.

Unggahan tentang sepatu Nike berlambang bendera Israel ini sontak viral dan mendapat banyak komentar netizen. Mereka semakin ramai menyerukan untuk memboikot brand tersebut karena dinilai mendukung Israel.

"Betapa menjijikannya itu. Nike diboikot untuk saya dan keluarga saya, dan saya harap kalian melakukan yang sama," kata netizen.

"Tidak akan membeli produk Nike lagi, tidak ke depannya," ucap yang lain.

"Mari boikot pendukung genosida," tambah yang lain.

Meski demikian, sebagian netizen juga mengatakan bahwa sepatu tersebut tidak resmi dikeluarkan oleh Nike. Lambang bendera Israel dicustom sendiri oleh yang punya sepatu tersebut.

"Itu sepatu custom yyang dibuat orang ketiga, bukan Nike, relaks," kata yang lain.

"Itu bukan sepatu resmi Nike, mereka membuatnya sendiri, seseorang membuatnya," tutur yang lainnya.

Seperti diketahui, Israel saat ini dikecam publik dunia karena masih terus menyerang Palestina dan mengakibatkan banyak orang tak bersalah meninggal dunia terkhususnya di Jalur Gaza. Pihak-pihak yang dinilai mendukung Israel pun mendapat kritikan dan seruan boikot dari publik.

Nike sendiri merupakan salah satu brand yang sudah diserukan untuk diboikot sejak akhir 2023 lalu. Ini lantaran brand tersebut diduga menjadi salah satu pihak yang ikut mendanai militer Israel.

Rekomendasi