Pengadilan Kabulkan Gugatan Nike, Sepatu Setan Lil Nash X Dilarang Dijual

| 02 Apr 2021 18:46
Pengadilan Kabulkan Gugatan Nike, Sepatu Setan Lil Nash X Dilarang Dijual
Sepatu Setan Lil Nash X (Dok: MSCHF)

ERA.id - Merek dagang sepatu ternama, Nike akhirnya memenangkan gugatan atas kontroversi yang melibatkan rapper Lil Nash X. Nike berhasil memenangkan atas hak dagang dari Sepatu Setan yang diklaim ada sentuhan darah manusia. 

Nike akhirnya bisa memenangkan tuntutan atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh brand MSCHF asal New York. Di mana brand tersebut memakai sepatu Nike Air Max 97 untuk kolaborasinya dengan Lil Nash X.

Penggunaan sepatu itu pun menurut pihak Nike melanggar merek dagang. Apalagi MSCHF dan Lil Nash X mengklaim sepatu yang diberi nama Sepatu Setan itu menggunakan darah manusia di dalamnya. 

Menurut laporan BBC News, Jumat (2/4/2021) Nike mengajukan gugatan pelanggaran merek dagang ke pengadilan New York. Gugatan ini bertujuan untuk menghentikan MSCHF menjual Sepatu Setan itu dan mencegah mereka menggunakan produknya.

Dari catatan gugatan yang dilayangkan Nike, MSCHF telah melakukan pelanggaran berupa perubahan material termasuk setidaknya mengacu pada sepatu sebagai Sepatu Setan, menambahkan tinta merah dan darah manusia ke midsole, menambahkan detail bertema setan bordir merah, menambahkan pentagram perunggu ke tali, dan menambahkan liner kaus kaki baru.

"MSCHF dan Sepatu Setan yang tidak sah kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan dan pengenceran serta menciptakan kekeliruan antara produk MSCHF dan Nike," kata pihak Nike dalam gugatannya. 

MSCHF sempat membantah gugatan yang dilayangkan oleh Nike dengan mengatakan 666 pasang sepatu yang diciptakannya itu dijual ke para kolektor dan merupakan karya seni bernomor individual. 

Meski sempat membantah gugatan itu, hakim federal justru mendukung pihak Nike atas pelanggaran merek dagang. Pengadilan resmi melakukan penahanan sementara pada Kamis (1/4/2021). Pihak MSCHF tidak diizinkan untuk mengirim Sepatu Setan ke para pembelinya.

Akibatnya, MSCHF resmi menghentikan produksi dan tidak berencana untuk memproduksi lagi sepatu kolaborasinya dengan Lil Nash X. 

Peluncuran Sepatu Setan ini dilakukan tepat dengan peluncuran lagu terbaru dari Lil Nash X,"Montero (Call Me By Your Name)". Dalam video klipnya, Lil Nash X muncul sebagai seorang gay dan merayakan seksualitannya. 

Dalam sepatu dengan warna dasar hitam itu, MSCHF melengkapinya dengan sol khas Nike dengan berisi tinta merah dan setetes darah manusia yang disumbangkan oleh anggota kolektif seni MSCHF. 

Gugatan yang dilayangkan oleh Nike juga menyebut pihaknya tidak pernah menyetujui dan mengesahkan Sepatu Setan untuk dijual ke publik. 

"Sudah ada bukti kebingungan dan penipisan signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Sepatu Setan MSCHF, berdasarkan keyakinan yang salah bahwa Nike telah mengesahkan atau menyetujui produk ini," katanya.

Selain ditanggapi oleh pihak Nike, beberapa pemuka agama juga tersinggung dengan desain sepatu yang kontroversial itu. Banyak yang mengajukan krikit dengan kolaborasi Lil Nash X di media sosial. 

Rekomendasi