Contoh Pertanyaan Jebakan saat Wawancara Kerja dan Trik Cerdas Menjawabnya

| 10 Nov 2023 17:00
Contoh Pertanyaan Jebakan saat Wawancara Kerja dan Trik Cerdas Menjawabnya
Pertanyaan jebakan saat wawancara kerja (Freepik)

ERA.id - Saat proses interview kerja, pelamar perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD. Ada beberapa pertanyaan jebakan saat wawancara kerja yang harus di-highlight atau diwaspadai oleh pelamar. Meski seringkali terkesan sederhana, namun pertanyaannya cukup mengecoh dan memiliki maksud tertentu. 

Pertanyaan yang disampaikan oleh HRD atau interview bertujuan untuk menggali informasi mengenai diri pelamar kerja. Konteks pertanyaannya tidak hanya seputar profesi yang Anda apply dan tujuan melamar kerja, namun juga terkait kepribadian Anda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja pertanyaan jebakan saat wawancara kerja.

Contoh Pertanyaan Jebakan saat Wawancara Kerja

Interview kerja merupakan tahap penting yang akan menentukan apakah Anda layak atau diterima di perusahaan yang dilamar. Maka dari itu pelamar harus menyiapkan strategi menjawab pertanyaan secara cerdas dan menguatkan, sehingga HRD tertarik dengan Anda. 

Berikut ini beberapa pertanyaan jebakan saat wawancara kerja yang perlu Anda tahu, serta trik menjawabnya:

pertanyaan jebakan saat wawancara kerja (Freepik)

Mengapa Anda Ingin Bekerja Disini?

Tujuan pertanyaan ini adalah untuk melihat apa motivasi prioritas Anda saat ini. Interviewer akan memperhatikan cara Anda menyusun dan menyampaikan jawaban. Sebaiknya hindari menjawab dengan kalimat pendek atau kata-kata klise seperti “ingin mengembangkan diri” atau “mencari tantangan”. Jawablah dengan alasan yang spesifik mengenai keunikan perusahaan, kultur perusahaan, jenis pekerjaan, dan kesempatan untuk mengembangkan diri. 

Deskripsikan Diri Anda dalam 1 Kata

Interview menanyakan ini untuk melihat bagaimana Anda menggambar diri Anda, baik itu dalam hal karakter maupun tujuan hidup. Seringkali pelamar bingung ingin memilih kata atau sifat positif apa yang bakal disebutkan. Sebaiknya pilih jawaban yang ideal atau sesuai dengan jenis pekerjaan, bidang industri, sifat asli Anda. 

Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Diri Anda

Pertanyaan ini disampaikan supaya HRD mengetahui seberapa dalam Anda mengenali diri sendiri. Pertanyan ini terkesan sepele tapi cukup menjebak dan seringkali membuat pelamar bimbang mengenai jawaban yang dipilih. Menjelaskan kelebihan dapat membuat Anda tampak sombong. Sementara menyebutkan kelemahan bisa menggambarkan diri Anda terlihat buruk atau kurang pantas diterima. 

Sebaiknya Anda memberikan jawaban yang lebih spesifik beserta penjelasan yang lebih lengkap. Misalnya sampaikan kelebihan Anda yang memiliki pengaruh baik pada kinerja atau relevan dengan profesi Anda. Sampaikan kelemahan beserta jelaskan bagaimana upaya Anda dalam mengatasi kekurangan tersebut. 

Apakah Anda Melamar Pekerjaan di Tempat Lain?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melihat minat pelamar dalam berkarier dan strategi untuk mencari kerja. Interviewer juga ingin melihat perusahaan seperti apa yang Anda cari untuk bekerja. Untuk menjawab pertanyaan ini, cukup jelaskan bahwa Anda melamar ke sejumlah perusahaan dengan bidang industri dan posisi sejenis. 

Bagaimana Anda Melihat Diri Anda dalam 5 Tahun ke Depan

Interview menanyakan ini untuk melihat apakah rencana atau visi Anda sejalan dengan perusahaan kedepannya, minimal dalam rentang waktu lima tahun mendatang. Hindari menyampaikan tentang rencana Anda pindah perusahaan, berkeluarga dengan indikasi resign, dan jawaban lain yang menyiratkan Anda tidak akan lama berada di perusahaan tersebut. 

Bagaimana Cara Anda Mengatasi Stres

Pertanyaan ini disampaikan karena HRD ingin melihat bagaimana Anda dalam menghadapi tekanan kerja. Anda bisa menjawab dengan mulai mengidentifikasi tekanan seperti apa yang akan Anda alami selama bekerja, baik itu deadline atau lembur. Anda juga bisa bertanya langsung ke interviewer mengenai apakah ada tekanan dalam bentuk lainnya. Jawablah pertanyaan ini dengan menyampaikan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan dan tetap mampu melanjutkan kerja. 

Demikianlah beberapa pertanyaan jebakan saat wawancara kerja yang perlu diingat dan diantisipasi oleh pelamar. Supaya bisa menjawab sejumlah pertanyaan tersebut dengan baik dan lancar, pastikan Anda mengenali diri sendiri dan memahami tujuan hidup maupun karier Anda. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi