Apa Itu Baju Rework? Tren Fashion Kreatif yang Ramah Lingkungan

| 15 Jun 2024 07:30
Apa Itu Baju Rework? Tren Fashion Kreatif yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi apa itu baju rework (Freepik)

ERA.id - Pakaian “rework” sedang menjadi model fashion yang digemari oleh anak-anak muda. Tren baju rework muncul sebagai bentuk menciptakan produk fashion yang lebih ramah lingkungan. Pembuatan pakaian rework dan memakainya dapat mengurangi limbah tekstil. 

Setelah tren pakaian bekas atau thrifting, kini muncul model pakaian rework yang meramaikan dunia fashion. Produk pakaian rework juga memanfaatkan baju bekas untuk digunakan ulang, namun dengan menggabungkan material pakaian lainnya.

Model pakaian rework digemari karena menawarkan gaya fashion yang unik dan berbeda, namun tetap memberikan tampilan yang stylish. Baju rework bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang bosan dengan model-model pakaian biasanya. Lantas apa itu baju rework dan seperti apa bentuknya?

Apa Itu Baju Rework?

Reworked Fashion adalah proses menggabungkan dua atau lebih pakaian untuk menciptakan busana dengan gaya dan bentuk baru. Biasanya, pakaian rework dibuat dari baju baru yang jarang dipakai dan dipadukan dengan baju lama atau bekas.

Hasil dari reworked fashion dapat menjadi outfit yang memberikan sentuhan unik saat dikenakan. Reworked fashion juga bisa menjadi alternatif jika kita kurang cocok dengan pakaian bekas yang sudah dibeli, dengan memadukannya dengan baju-baju lama di lemari kita. 

Pembuatan pakaian rework tidak hanya mengkombinasikan antara beberapa material pakaian, namun juga diolah lebih kreatif dengan bentuk media lain. Ada juga pakaian rework yang dibuat memakai pakaian lain yang dipadukan dengan gambar yang dilukis secara manual. 

Dalam pembuatan pakaian rework, satu item baju bisa dimodifikasi sesuai selera. Apabila ingin mendapatkan model pakaian yang sesuai harapan Anda, Anda bisa membuat sendiri dengan menyiapkan bahan-bahannya. Anda bisa mengolah sendiri dengan cara memotong, menghias, dan mengkombinasikan beberapa potong baju menjadi satu item baru. 

Meski memerlukan waktu untuk memilih bahan atau pakaian lama yang tepat, hasil desain yang estetik dan unik akan memberikan kepuasan tersendiri. Selain itu, memakai pakaian rework juga menambahkan daya tarik tersendiri bagi tampilan penggunanya. 

Ilustrasi apa itu baju rework (Freepik)

Tren Bisnis Pakaian Rework

Awalnya ide berjualan produk-produk pakaian rework dimulai oleh segelintir pengusaha di industri fashion. Pembuatan baju rework ini berangkat dari keresahan melihat banyaknya limbah tekstil dari bisnis pakaian. Sisi-sisa kain atau pakaian yang tidak terjual kemudian diolah kembali dengan metode reworked fashion untuk menciptakan produk baru yang lebih menarik. 

Reworked fashion tidak hanya dilakukan oleh bisnis kecil dan menengah, beberapa merek besar juga mulai mengeluarkan produk hasil rework sebagai upaya efisiensi dan mengurangi limbah tekstil. Saat ini makin banyak brand-brand fashion yang turut memproduksi dan menjual pakaian rework. 

Brand-brand fashion lokal tersebut tidak hanya mencari peruntungan dari tren pakaian rework yang sedang naik. Namun mereka juga menawarkan produk baju rework tersendiri yang berkualitas dari segi desain dan material yang digunakan. Mereka memakai pakaian bekas atau yang tidak terpakai, kemudian mengolahnya kembali menjadi model baju yang bernilai unik dan limited.

Dengan mengenakan atau memproduksi baju melalui metode reworked, kita turut mendukung industri fashion yang lebih berkelanjutan dengan prinsip sirkularitas yang lebih ramah lingkungan. 

Menerapkan industri fashion yang sirkular memang memerlukan waktu yang panjang, namun langkah ini dapat berdampak signifikan terhadap lingkungan dan ekonomi industri tekstil. Pada dasarnya, fashion sirkular bertujuan untuk mengembalikan dan mengenakan kembali pakaian lama sehingga masa pakainya lebih panjang dan tidak cepat berakhir di tempat pembuangan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu baju rework yang kini tengah naik daun dan digemari kalangan muda. Reworked fashion tidak hanya menyajikan warna baru di dunia fashion, namun juga turut berperan dalam mengurangi limbah tekstil. Baca juga alasan pemerintah larang thrifting baju bekas impor.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi