Material Ramah Lingkungan, Busana Sustainable Berlanjut Jadi Tren Fashion 2021

Tim Editor

Koleksi Busana SVH (Foto: Instagram/@svhofficial)

ERA.id - Label Mode asal Bandung, SVH (Svarah) meluncurkan koleksi Spring/Summer 2021 ‘A Different Direction’. Koleksi ini dirilis secara virtual di platform YouTube pada 8 Januari 2021 dengan mengusung konsep virtual fashion show. Dengan memperkenalkan desain yang inovatif dengan penggunaan material ramah lingkungan yang bekerja sama dengan Zalmon Fabric. 

Terdiri dari 30 koleksi, SVH menawarkan ide dan tampilan baru untuk gaya anak muda masa kini. Oleh karena itu, SVH dikenal dengan desain dan karakter rancangan yang unisex, flexible, dan adaptable. 

“Pada koleksi kali ini, tidak hanya memperkenalkan desain yang unik, SVH juga belajar untuk mulai memperhatikan lingkungan. Sebagai salah satu langkah dan upaya kami dalam mengurangi emisi dari industri mode. Oleh karena itulah kami bekerja sama dengan Zalmon Fabric, menggunakan material yang sustainable. 100 persen serat alami dengan pemrosesan yang etis,” ujar Bambang Wahyudi Praja, Creative Director SVH dalam press conference & Virtual of SVH Spiring/Summer 2021 Collection, Jumat (8/1/2021).

Inspirasi utama dari koleksi ‘A Different Direction’ didapatkan melalui koneksi dan kesinambungan manusia dengan lingkungan. Mulai dari keindahan concrete jungle, padang pasir sampai dengan hutan hujan. 

Secara keseluruhan koleksi ini menghadirkan pakaian yang versatile dengan potongan modern, bold, fashion-forward, dan everlasting. Memperlihatkan keindahan warna-warna cerah dan juga pola kain yang hidup. ‘A Different Direction’ adalah koleksi busana yang mendukung dan memperlihatkan jati diri mereka kepada dunia. Menemani tampilan sehari-hari konsumen dan fashion enthusiast dengan semangat penuh percaya diri dalam mencapai tujuan hidup yang berbeda.

Keseluruhan koleksi terbaru SVH menggunakan material ramah lingkungan dari Zalmon Fabric yang berasal dan diproses di Indonesia, sehingga mengurangi carbon footprint dan mendukung ekonomi lokal. Selain itu, SVH juga berkolaborasi dengan 2ICONS Management untuk membuat fashion film dari koleksi ini. 

Keseluruhan material diproduksi oleh Zalmon Fabric yang memiliki sertifikasi dari IS International dan K3L, menggunakan pewarna ramah lingkungan yang aman bagi kulit dan sudah tersertifikasi oleh Oeko-Tex Standard 100. 

Press Conference & Virtual of SVH Spiring/Summer 2021 Collection (Foto: Zoom)

“Setiap helai di proses dengan proses waste management yang aman dan lingkungan kerja yang memenuhi standar etika kerja dan sustainable fashion. Seluruh material diproses dengan menggunakan teknologi Breathe Easy, sehingga kain memiliki pori-pori yang lebih besar dan dapat melepaskan kelembaban secara efektif. Keunggulan lainnya adalah pertumbuhan bakteri pada permukaan kain minimum serta 20 kali lebih bersih dibandingkan bahan polyester,” tutur Founder dari Zalmon Fabric, Tommy Surya Teja.

Dalam peluncuran koleksi ini, SVH secara khusus berkolaborasi dengan Zalmon Fabric dan 2ICONS Management mempersembahkan video campaign dan virtual fashion show. 

“Video campaign dikonsepkan dengan cerita kehidupan kita pada tahun 2020 yang lalu, dimana orang-orang mencoba untuk bertahan hidup dari pandemi. Terinspirasi dari gambar HUMANKIND of Shibuya Meltdown (@shibuyameltdown) dan mengikuti perjalanan kita ke tahun 2021. Saat kami berkembang melalui pandemi sebagai industri pemodelan, kami memilih untuk menjadi kuat dan menunjukkan apa yang kami buat,” ujar Anggi Wirya Diputra, Founder dan Creative Director 2ICONS.

Tag: fashion Sustainable

Bagikan: