Mendadak Berambut Gimbal, Justin Bieber Dianggap Merampas Budaya

| 27 Apr 2021 15:34
Mendadak Berambut Gimbal, Justin Bieber Dianggap Merampas Budaya
Justin Bieber Gimbal (Instagram/Justin Bieber) rambut gimbal

ERA.id - Justin Bieber menuai kritik dan sorotan usai mengubah gaya rambutnya menjadi gimbal. Ia menuai kecaman dan dinilai merampas budaya. 

Melalui Instagram miliknya, Justin Bieber membagikan foto dirinya dengan gaya rambut gimbal terbarunya. Ia mengunggah foto itu bersama dengan istrinya, Hailey Baldwin yang memakai bikini warna hijau. 

Pelantun "Changes" itu tak banyak memberikan keterangan, ia hanya menulis "Kembali beraksi," dari fotonya bersama Hailey. 

Lalu, Bieber juga membagikan potret dirinya dengan rambut gimbal yang lebih jelas. Ia terlihat mengenakan kaca mata dengan frame berwarna merah. 

Sementara itu untuk keterangan di fotonya, penyanyi 27 tahun itu hanya membubuhi dua emoji pohon palem sebagai keterangan. 

Melihat rambut baru dari Justin Bieber, para kerabat dekatnya pun terkejut sekaligus kagum dengan gaya rambut terbaru pelantun "Yummy" itu.

"Benar-benar gila," tulis Jaden Smith. 

"Legenda hidup," kata Kyle Massey. 

"Rambut gimbal naik," ucap rapper Lil Gnar. 

Sayangnya keputusan Bieber untuk mengubah gaya rambutnya ini justru dibanjiri dengan kritik dari penggemar. Banyak penggemar yang kecewa dengan keputusan Bieber untuk membuat rambutnya menjadi gimbal.

Sebagian penggemar menilai Justin Bieber telah merampas budaya dan tak patut untuk dijadikan sebagai contoh. 

"J, tolong didik diri anda sendiri tentang penyesuaian budaya. Anda tidak boleh memakai rambut gimbal," tulis seorang penggemar. 

"Ini adalah perampasan budaya. Saya tahu kamu bisa berbuat lebih baik," timpal lainnya.

"Sungguh mengecewakan melihat Anda dengan rambut gimbal, saya pikir Anda mendidik diri sendiri," balas yang lainnya. 

Kontroversi Justin Bieber dengan rambut gimbalnya ini bukan kali pertama yang terjadi. Pada 2016, ia juga sempat menuai kritik setelah memutuskan untuk mengubah rambutnya menjadi gimbal.

Saat itu banyak fan yang menyuarakan kritikan keras ke mantan kekasih Selena Gomez itu. Namun di tengah kontroversi yang timbul, Bieber membagikan sebuah video singkat dirinya.

"Menjadi aneh itu menyenangkan. Jika kamu tidak aneh, aku tidak menyukaimu," ucapnya kala itu. 

Menurut laporan People, Bieber sempat menyuarakan dukungannya terhadap kulit hitam pada bulan Juni lalu. Ia mengungkap janji di media sosialnya untuk terus menjadi bagian dari perubahan di tengah ketidakadilan rasial. 

Kala itu Bieber mengklaim dirinya banyak terinspirasi dari budaya kulit hitam dan juga banyak menerima manfaat dari budaya kulit hitam.

"Gaya saya, cara saya bernyanyi, menari, tampil, dan mode saya semuanya terinspirasi oleh budaya kulit hitam," kata Bieber dikutip People, Selasa (27/4/2021). 

Rekomendasi