Panjangnya 7 Meter Lebih, Gaun Pengantin Putri Diana Bakal Dipajang di Istana Kensington

| 28 Apr 2021 07:05
Panjangnya 7 Meter Lebih, Gaun Pengantin Putri Diana Bakal Dipajang di Istana Kensington
Gaun Putri Diana (Dok: ROYAL COLLECTION TRUST)

ERA.id - Gaun pengantin mendiang Putri Diana akan dipajang di Istana Kensington. Hal ini sebagai salah satu hadiah untuk para penggemar Putri Diana di seluruh dunia.

Tepat pada musim panas tahun ini, gaun ikonik rancangan Elizabeth dan David Emanuel yang dikenakan oleh Putri Diana akan dipajang di Istana Kensington.

"Musim panas ini, gaun pengantin ikonik Putri Diana akan dipajang di istana yang pernah dia sebut sebagai rumahnya," kata kurator Istana Kensington, dikutip People, Selasa (27/4/2021).

Pangeran William dan Pangeran Harry juga sudah mengizinkan dan menyetujui gaun pernikahan mendiang Ibunya dipamerkan untuk penggemar. 

Gaun terkenal yang dikenakan oleh mendiang Putri Diana dirancang oleh Elizabeth dan David Emanuel. Gaun itu memiliki panjang 25 kaki atau 7,62 meter. Gaun itu terbentang di tangga Katedral St. Paul saat pernikahannya dengan Pangeran Charles berlangsung pada 29 Juli 1981. 

Gaun pernikahan Putri Diana (Dok: ROYAL COLLECTION TRUST)

Pameran gaun itu akan mengungkap hubungan unik antara perancang busana dan klien kerajaan. Selain itu, pameran juga akan mencakup potongan gaya bersejarah lainnya seperti tile langka yang masih ada untuk gaun penobatan Ibu Ratu Elizabeth, Ibu Suri tahun 1937. 

"Pameran musim panas kami di Istana Kensington akan menyoroti beberapa bakat terbesar dari desain Inggris, yang karyanya telah berperan penting dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan melintasi abad ke 20," kata Matthew Storey, kurator pameran di Historic Royal Palaces. 

Lalu, kata Storey, pihaknya juga akan mengeksplorasi bagaimana hubungan kemitraan setiap desain dan klien dalam bekerja. Selain itu, akan ada juga rahasia dari proses di balik pembuatan sejumlah couture penting dalam sejarah kerajaan. 

Meski pun dikatakan Storey nilai terpenting dari pameran itu adalah gaun mendiang Putri Diana, pihaknya akan menyiapkan kejutan bagi para pecinta fesyen, khususnya pameran yang dilakukan pertama kali dalam 25 tahun.

Pameran ini diselenggarakan oleh Royal Style in the Making, yang bertempat di Orangery dan akan dimulai pada tanggal 3 Juni.

Selain akan mengadakan pameran gaun, William dan Harry juga akan mengungkap patung ibu mereka yang sangat dinanti-nanti di halaman istana. Patung itu akan hadir pada bulan Juli bertepatan dengan usia Diana ke 60 tahun. 

"Ini akan seperti melihat seorang teman lama setelah bertahun-tahun. Saya melihat gambar-gambar itu lagi hari ini dan saya tidak percaya berapa banyak payet yang kami jahit ke gaun itu. Ini akan menjadi pameran yang luar biasa," kata Elizabeth. 

Elizabeth mengatakan terakhir kali ia melihat gaun rancangannya itu dipajang di rumah leluhur Diana, Althrop, saat pameran di bulan Juli 1998 setahun setelah kematian Diana.

Rekomendasi