Bikin Takjub! Ini Makna dan Detail Gaun Komodo Ayu Maulida di Ajang Miss Universe 2020

Tim Editor

Ayu maulida

ERA.id - Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, mencuri perhatian di ajang kontes kecantikan dunia Miss Universe berkat kostum unik bertajuk Komodo Dragon.

Tak main-main, kostum yang dikenakan Ayu pada ajang Miss Universe 2020 di Florida, Amerika Serikat (AS), Kamis (13/5) mencapai panjang 3 meter dengan berat lebih dari 150 kilogram.

Kostum bertema Komodo Dragon: Warisan Prehitstoris Indonesia adalah hasil kresi kolaborasi perancang busana Diana M Putri dari label Diana Couture dan perancang akseoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.



Lewat Instagram pribadinya @ayumaulida97, dia menjelaskan mengenai detail kostum komodo tersebut.

"Kostum nasional ini adalah hasil kolaborasi antara desainer Diana M Putri dari Diana Couture serta desainer akseoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design," tulisnya.



Ayu menambahkan, kostum komodo yang dipakainya memiliki panjang hingga 3 meter, dengan berat lebih dari 300 punds atau sekitar 136 kilogram.

Kostum komodo dipilih karena reptil ini adalah kadal terberat di Bumi. Komodo berasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun, dan sering disebut sebagai "tautan terakhir menuju zaman Dinosaurus Prasejarah."

Di balik keindahan kostum ini, ada tangan-tangan desainer yang hebat. Ayu menjelaskan, desainer Diana Putri punya ide kreatif untuk memadukan Sequin 3D Black & Gold sebagai dasar gaunnya. Sehingga, gaun ini menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai Komodo.

"Potongan dada 3D dan ekor yang dramatis dibuat dengan laser cutting kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai komodo," ujarnya. Sementara itu, efek 3D pada ekor dibuat dengan boning yang dibalut balen.

Untuk menciptakan efek kontes yang elegan, dasar korset sengaja menekankan sosok Ayuma, sang pemakai. Menariknya, semua manik-manik dibuat dengan tangan. Begitu pula dengan semua pelat logam yang menyerupai timbangan, juga dijahit tangan yang cuku rumit.

Di sisi lain, Yuling Hoo & Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih 3 jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi satu, ketiga warna tersebut yaitu rustic gold, copper / bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombré pada gaun itu. Timbangan dibuat dari palu dan hentakan.

Gaun tersebut terdiri dari lebih dari 5.000 skala unik untuk menciptakan kesan kostum paling mewah, tapi realistis. Namun, yang paling rumit menurut Ayu, adalah aspek mekatronika, yakni headpiece buatan tangan komodo berhubungan dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik & mikrokontroler.

Tag: Miss Universe Komodo Ayu Maulida

Bagikan: