Berawal dari Iseng Jualan di Instagram, PVRA Brand Lokal Sepatu Flat Manik-Manik Sukses Menapak di London Fashion Week

Tim Editor

PVRA (Foto: Instagram/@pvra.official)

ERA.id - Sepatu wanita tak hanya sekedar alas kaki, melainkan bagian penting dalam fashion. Bagi kamu penggemar sepatu, sekarang tak perlu bingung mencari sepatu berkelas, tapi harganya pas dikantong. Kini, sepatu brand lokal buatan negeri juga berhasil menyaingi buatan luar negeri.

Salah satunya adalah sepatu mewah bertabur manik keluaran dari brand PVRA. Produk alas kaki bertabur manik-manik ini memang saat ini tengah dicintai oleh para perempuan. Bahkan, setiapharinya produk ini selalu memberikan inovasi terbaru.

Berangkat dari kecintaan pada sepatu dan perhiasan, yakni dua sahabat bernama Putri Katianda dan Kara Nugroho. Pasca lulus kuliah di luar negeri, keduanya memang sempat bekerja. Tetapi, kedua sahabat ini mencoba bisnis sendiri dengan membuat sepatu flat berhias manik-manik.

Diskusi ShopeePay Talk (Foto: Zoom ShopeePay)
Diskusi ShopeePay Talk (Foto: Zoom ShopeePay)

"Brand sepatu bersama partner 6 tahun, sepatu wanita ciri khas dengan manik-manik dan pengrajin dari lokal. Jadi, pertama kali saya dan partner saya buat sepatu manik-manik, sebenarnya tren luar negeri udah banyak, tetapi di Indonesia belum ada," ungkap Kara Nugroho, Co-Founder&Creative Director PVRA melalui acara virtual "ShopeePay Talk: Dari Tren Jadi Bisnis Kompeten" pada Jumat (18/6/2021).

Saat pertama kali memulai bisnis PVRA, keduanya mencoba berjualan di Instagram. Mulanya, mereka deg-degan karena saat itu sepatu bertabur manik-manik belum jadi tren di Tanah Air. Siapa sangka, rupanya banyak perempuan yang suka dengan produk tersebut dan terjual laku dipasaran online.

"Tapi ini nggak ada market, akhirnya berjualan dari Instagram. Kita memang menjalani bisnis harus dari kita suka. Jujur, pertama deg-degan kenapa? Karena tren ini belum masuk Indonesia," papar Kara Nugroho.

PVRA (Foto: Instagram/@pvra.official)
PVRA (Foto: Instagram/@pvra.official)

"Kita buat 72 pasang sepatu, targetnya pelan-pelan jual 3 bulan, karena kita waktu itu kerja dan iseng-iseng jual sepatu dan kaget ternyata responnya bagus. Tadinya buat 3 bulan, 3 minggu malah sudah habis," lanjutnya.

Meski terinspirasi dari luar negeri, namun mereka tetap melakukan inovasi agar tidak ditingggalkan oleh para pelanggan di Indonesia.

"Bisnis ini tadinya keisengan. Tentu tren diluar kita adaptasi di Indonesia, orang-orang Indonesia suka sepatu seperti apa, kita mulai dari sandal. Sandal itu pasaran yang cocok buat wanita. Sandal familiar dan suka dipakai setiaphari. Kita lihat sempelnya dari wanita aja pasti suka," tuturnya.

Saking melejitnya, koleksi-koleksi dari sepatu keluaran PVRA sudah dipamerkan di ajang bergengsi Internasional. Koleksi yang pertama kali dipamerkan di luar negeri adalah ajang Fashion Scout, wadah bagi desainer baru di dunia di London Fashion Week Autumn/Winter 2019. Tak hanya itu, PVRA juga pernah memamerkan koleksinya di Seoul Fashion KODE.

Tag: PVRA Fashion wanita sepatu wanita

Bagikan: