Lebih Kreatif dan Inovasi, Jakarta Fashion Week Gagas 'Fashion Show' Pertama di Metaverse Indonesia

| 05 Apr 2022 20:45
Lebih Kreatif dan Inovasi, Jakarta Fashion Week Gagas 'Fashion Show' Pertama di Metaverse Indonesia
Jakarta Fashion Week (Foto: Instagram/@jfwofficial)

ERA.id - Dimasa pandemi saat ini, industri fashion dengan dunia digital harus berdampingan sehingga menghasilkan inovasi terbaru. Konsep ini dinamakan Metaverse Fashion yang berarti bentuk adaptasi pelaku fashion di era digital.

Metaverse fashion merupakan mengenalkan bagaimana produk fashion atau kompenen bisa berdaptasi dengan kebutuhan masyarakat yang serba digital. Baik jati diri dari dunia maya maupun digunakan berbagai platform.

Kali ini, Jakarta Fashion Week atau JFW, pekan mode tahunan yang digelar di Jakarta dan salah satu gelaran mode terdepan di Asia bakal menggagas fashion show pertama di Metaverse Indonesia. JFW berkolaborasi dengan WIR Group, salah satu pelopor AR untuk menggagas Fashion Show yang tampil di Metaverse Indonesia.

Kolaborasi ini sebagai bentuk dorongan transformasi industri fashion ke dunia digital. CEO GCM Group sekaligus chairwoman JFW, Svida Alisjahbana membeberkan kesiapan JFW dan WIR Group untuk tampil di Metaverse Indonesia.

"Kesiapannya bagaimana dari desainer melihat dari Metaverse, kedua kita melihat plaform kreativitas. Ada expo JFW, ada fashion show, dan lain lain. Mereka bisa melihat memilih, mungkin membeli," ujarnya melalui acara kolaborasi WIR Group dan Jakarta Fashion Week pada Selasa (5/4/2022).

Virtual JFW
Virtual JFW 

Selain melihat acara fashion show, Svida mengatakan pembeli bisa lebih dipermudah jika membeli baju di Metaverse Indonesia. Menurutnya, membeli langsung maupun di Metaverse sama saja. Apalagi, banyak sekali pembeli yang tertarik membeli pakaian secara digital.

"Tetapi, saya tak menutup kemungkinan ini real. Kita komunitasnya offline online sudah tak ada batasnya. Apakah kita memilih baju dari Metaverse atau langsung ya itu tidak ada batasnya. Bisa aja sekarang manga, besok jadi wonder woman. desain itu bisa dibeli. Indahnya dunia digital, makanya saya mendukung sekali," paparnya.

Selama 15 tahun, JFW terus menghasilkan inovasi terbaru agar makin banyak dicintai masyarakat Indonesia. Svida menegaskan JFW bersanding dengan berbagai acara fashion show Mancanegara.

"JFW dibuat 15 tahun lalu (Dulu namanya) Indonesia festival lalu Jakarta Fashion Week. Dari dulu masih komitmen, membawa talent indonesia di kelas dunia. Jadi jago di indonesia, tetapi bisa tersaingi oleh dunia," ucapnya.

"Kami mengikuti di dunia fashion, karena background kita fashion megazine. Oleh itu, standar tinggi, partisipan juga tinggi. Ini asalan kita selalu dilihat dunia." lanjutnya.

Rekomendasi