Lestarikan Warisan Budaya, Desain Modern Kain Lurik dalam Pakaian Renang hingga Busana Kekinian

| 29 Jun 2022 18:32
Lestarikan Warisan Budaya, Desain Modern Kain Lurik dalam Pakaian Renang hingga Busana Kekinian
Ilustrasi koleksi Heritage, hasil kolaborasi Cover luncurkan Me Not X ohmmbybai yang terinspirasi dari kain lurik (Dok. Antara)

ERA.id - Merek pakaian renang milik Kelly Tandiono, Cover Me Not, menggandeng ohmmbybai milik desainer Bai Soemarlono meluncurkan koleksi Heritage sebagai upaya melestarikan kain tradisional warisan budaya Indonesia.

"Senang sekali bisa terus bekerja sama dengan Kelly dan Cover Me Not yang selalu memberi ide menarik, bertalenta, dan mewakili generasinya. Kelly juga juga selalu peduli dan tertarik dengan tradisi Indonesia, khususnya kain tradisional," kata Bai dikutip dari siaran pers, Rabu (29/6/2022).

Koleksi Heritage terinspirasi dari lurik, kain bermotif garis-garis kecil yang digunakan sebagai pakaian khas di pedesaan hingga di lingkungan keraton. Lewat koleksi tersebut, kain lurik yang didesain secara modern bisa dilestarikan dan dipakai oleh seluruh kalangan.

Pada koleksi Heritage, lurik yang cenderung berwarna gelap didesain lebih berwarna. Dominasi warna biru, hijau, dan merah muda dengan pola yang beragam membuat koleksi tersebut berbeda dari koleksi sebelumnya yang cenderung polos.

Tak hanya pakaian renang, koleksi Heritage juga menampilkan konsep pakaian siap pakai, ready to wear.

Kelly mengatakan proses produksi koleksi tersebut juga lebih berkelanjutan dan minim limbah. Sisa bahan pembuatan bikini dan pakaian digunakan untuk membuat produk-produk lain, seperti tas kecil atau masker.

"Koleksi Heritage sangat berbeda dari koleksi sebelumnya. Selain mengangkat lurik, aku juga ingin lebih memperkenalkan Cover Me Not sebagai merek produk yang ramah lingkungan," katanya.

Tidak hanya itu, Cover Me Not juga menggandeng Yayasan Santa Maria Boro, sebuah yayasan yang mewadahi pembuat tenun tradisional yang menggunakan alat tenun bukan mesin di Boro, Kalibawang, Yogyakarta.

Rekomendasi