Karyanya Sering Mejeng di Luar Negeri, Kukuh Hariyawan Tampilkan Koleksi Kebaya Ragam Wastra di JFT 2024

| 12 Aug 2024 12:55
Karyanya Sering Mejeng di Luar Negeri, Kukuh Hariyawan Tampilkan Koleksi Kebaya Ragam Wastra di JFT 2024
Koleksi kebaya Kukuh Hariyawan di Jogja Fashion Trend 2024 (ERA.id / Adelia Hutasoit)

ERA.id - Desainer Kukuh Hariyawan meluncurkan koleksinya lewat jenama Kebaya Adhikari dalam peragaan tunggal busananya di hari keempat acara runway Jogja Fashion Trend (JFT) 2024. Ia meluncurkan 57 koleksi kebaya dengan mengusung tema Treasure Acculturation.

Dihadapan awak media, Kukuh Hariyawan mengatakan koleksi kebaya Adhikari mengkombinasikan unsur kekayaan kebudayaan Indonesia dengan kain wastra dari berbagai daerah untuk kebayanya. 

"Memadukan berbagai kain yang di Indonesia, kekayaannya itu budaya. Termasuk kain, warisan budaya bangsa yang harus kita lestarikan," ungkap Kukuh, saat ditemui di Pakuwon Mall Yogyakarta pada Sabtu (10/8/2024).

"Jadi, tadi kita sengaja mengkombinasikan kebaya dengan beberapa kain termasuk batik, songket, kain Bali, NTT, kita masukan satu pagelaran tadi," lanjutnya. 

Cutting kebaya yang ditampilkan kontemporer dengan gaya modern. Kukuh mengaku tidak terpaku pasa pakem-pakem tertentu. Adapun koleksi kebaya dipadu padankan dengan legging bercorak dan rok. 

Koleksi Kukuh Hariyawan di JFT 2024
Koleksi Kukuh Hariyawan di JFT 2024 (ERA.id / Adelia Hutasoit)

"Ada modern, kasual, terus kita mengeluarkan semi berat, seperti gaun malam, kebaya brande yang berekor, terakhir kita pakai jubah," bebernya. 

Saat runway, ada pun sejumlah kebaya yang didominasi dengan warna hijau. Kukuh Hariyawan membeberkan warna hijau memberikan makna mendalam, yaitu perdamaian. 

"Warna khusus terang, itu warna lagi hits. Kebaya beludru grande seperti hijau, itu ada satu pesan yaitu tentang kedamaian dunia. Perdamaian itu warna hijau ya. Kita sisipkan banyak sekali pesan ingin disampaikan disitu," tutunya. 

"Kita tak ingin lagi ada peperangan, ada kisruh politk atau apapun bentuknya terlebih di Indonesia, itu harapan saya." lanjutnya. 

Diketahui, Karya Kukuh tidak hanya diminati selebritas Tanah Air seperti Iis Dahlia, Trio Macan, Happy Asmara, Fitri Carlina hingga Cathrine Wilson, tetapi juga menjadi incaran para pecinta kebaya dengan harga mencapai puluhan juta rupiah. 

Kebaya Adhikari berhasil tembus fashion show di berbagai negara mulai dari Malaysia hingga Prancis. Tak hanya itu kebaya miliknya juga pernah terjual hingga Amerika Serikat.

Kebaya Adhikari telah memperoleh Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Sampai detik ini, Kebaya Adhikari terus melambungkan namanya dengan mengeluarkan koleksi terbaru kebaya yang indah dan cantik.

Rekomendasi