Soal Kemungkinan Garap Film Pengabdi Setan 3, Jawaban Joko Anwar Bikin Makin Penasaran

| 03 Aug 2022 07:00
Soal Kemungkinan Garap Film Pengabdi Setan 3, Jawaban Joko Anwar Bikin Makin Penasaran
Joko Anwar saat konferensi pers (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Menjelang penayangan film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar sudah membahas tentang kemungkinan melanjutkan cerita hingga ke film ketiga. Ia menyebut bahwa pembuatan cerita film sudah dipikirkan sejak yang pertama, tetapi penggarapan yang film ketiga ditentukan dengan kesuksesan film yang kedua.

"Waktu Pengabdi Setan 1 akan kita bikin, pak Sunil bilang banyak sekali yang menggantung. Gue bilang untuk coba lihat lagi skenarionya, ada beberapa yang gue tandain, yang gue tandain itu akan ada di film berikutnya. Jadi kita akan bikin kelanjutannya, tapi dengan catatan, filmnya harus sukses dulu," ujar Joko Anwar saat konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, pada Selasa (2/8/2022).

Sukses menurut Joko Anwar bukanlah tentang banyaknya jumlah tiket yang terjual. Menurut Joko, suksesnya film dilihat dari bagaimana para penonton yang menyukainya dan menantikan kelanjutan cerita dari tiap karakter di dalamnya.

"Sukses itu bukan sukses komersil ya. Sukses komersil tidak pernah menunjukkan kalau film itu sukses. Sukses berarti filmnya harus sustain secara penonton ingin mengetahui kelanjutannya. Jadi bukan cuma angka, tetapi orang juga harus cinta kepada karakternya," jelasnya.

Lebih lanjut, Joko Anwar mengatakan akan mengetahui keputusan untuk menggarap film Pengabdi Setan 3 dalam waktu dekat usai film Pengabdi Setan 2: Communion dirilis. Usai penayangan film kedua ini, ia akan melihat bagaimana reaksi dari para penonton.

"Jadi apakah akan ada film Pengabdi Setan 3? Kita akan lihat, apakah penonton akan cinta kepada karakter-karakternya yang ada di Pengabdi Setan 2, dan jawabannya akan kita ketahui dalam waktu yang singkat," pungkas Joko Anwar.

Sementara itu, film Pengabdi Setan 2: Communion akan tayang di bioskop mulai 4 Agustus 2022 mendatang. Sebelumnya, film ini lebih dahulu tayang di IMAX pada 30 Juli 2022 mendatang. Dengan itu juga secara resmi film tersebut menjadi film Indonesia pertama sekaligus pertama di Asia Tenggara yang bisa tayang di IMAX.

Rekomendasi