Buka Jendela Dunia Untuk Indonesia, Netflix Siap Tampilkan Ragam Pesona Tanah Air Lewat Konten Tayangan

| 06 Sep 2022 20:32
Buka Jendela Dunia Untuk Indonesia, Netflix Siap Tampilkan Ragam Pesona Tanah Air Lewat Konten Tayangan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua dari kiri) bersama Vice President Public Policy Netflix Dean Garfield (paling kanan) (Dok. Antara)

ERA.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) dan Netflix mengumumkan kerja sama yang akan berlangsung selama satu tahun untuk mendukung kampanye “Wonderful Indonesia”.

Kemitraan ini secara resmi diluncurkan dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf dan Ruben Hattari, Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix, yang juga disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan

Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield di acara peluncuran yang diselenggarakan di Jakarta.

Kemitraan ini menunjukkan upaya berkelanjutan Netflix untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Bertepatan dengan acara peluncuran kemitraan, Netflix dan Kemenparekraf juga merilis video promosi yang diproduksi Netflix untuk kampanye Wonderful Indonesia. Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten original Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia.

Di tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya guna mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali berkunjung ke Indonesia.

“Pariwisata dan industri kreatif termasuk sektor yang paling terpukul oleh pandemi. Namun kami bangga bahwa ekonomi kreatif dan industri perhotelan Indonesia tetap mampu berkembang di tengah tantangan ini melalui ketekunan dan inovasi. Dengan upaya-upaya ini, saya yakin bahwa kemitraan dengan Netflix, dengan konten yang menampilkan beragam

pesona di Indonesia, tidak hanya akan berkontribusi pada industri kreatif Indonesia tetapi juga menghasilkan dukungan substansial untuk pariwisata dan mendorong wisatawan untuk semakin menjelajahi negara ini,” ungkap Sandiaga Uno saat ditemui di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Dengan beragam konten dan pelanggan di lebih dari 190 negara, Netflix menghadirkan kisah berbagai negara dan menuturkan cerita-cerita lokal. Melalui penceritaan lokal yang autentik, Netflix ingin membuka jendela dunia untuk Indonesia.

“Sejak diluncurkan di negara ini pada tahun 2016, kami sangat senang melihat kemajuan memukau yang telah kami capai bersama industri hiburan dan para pengguna di Indonesia. Kisah-kisah dari Indonesia seperti Ali & Ratu Ratu Queens, A Perfect Fit, dan Our Great National Parks tidak saja memenangkan hati para penonton tetapi juga semakin mendukung industri kreatif. Kami yakin kolaborasi dengan Kemenparekraf ini akan membawa banyak manfaat dan kami berharap bisa menghadirkan lebih banyak lagi cerita orisinal Indonesia kepada penonton global,” ujar Dean Garfield.

Kampanye Wonderful Indonesia diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru Netflix tentang jajaran film dan serial Indonesia yang akan datang di Netflix, yang diharapkan dapat meningkatkan industri kreatif lebih jauh.

Sejumlah tayangan terbaru tersebut adalah film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto, The Big 4; serial drama Gadis Kretek dari produser Shanty

Harmayn serta sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah; serial sci-fi thriller Nightmares and Daydreams dari sutradara Joko Anwar; film coming-of-age berjudul Dear David dari sutradara Lucky Kuswandi; komedi situasi unik Klub Kecanduan Mantan karya Salman Aristo; Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti dari sutradara Angga Dwimas Sasongko; serial Komedi

Kacau dari penulis-sutradara Raditya Dika; dan sebuah proyek seru dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Rekomendasi