Review Film Mulai Liar, Sutradara Rako Prijanto Beri Peringatan: Harus Ada Batas-batas

| 31 Oct 2022 17:41
Review Film Mulai Liar, Sutradara Rako Prijanto Beri Peringatan: Harus Ada Batas-batas
Rako Prijanto (Dok. Era.id/ Muhammad Gustaf)

ERA.id - Konten review film memang digemari oleh sebagian pencinta film. Meskipun bersifat subjektif, sebagian dari masyarakat, menjadikan para reviewer sebagai patokan dari bagus atau tidaknya sebuah film. Sutradara asal Indonesia, Rako Prijanto, buka suara soal hal ini.

Rako mengatakan, munculnya para reviewer sebagai keseimbangan di industri film.

"Kalau menurut aku, itu sebagai check and balance aja sih. Kita sebagai filmmaker harus berani dikritik," ucap Rako di Grand Indonesia, beberapa waktu lalu, (31/10/.2022).

Sutradara film "#TemanTapiMenikah2" mengatakan, konten dari reviewer saat ini sudah menjadi konsumsi publik. Jadi harus ada batasannya untuk menilai film.

"Ketika menyangkut konsumsi publik, saya rasa harus ada batasan-batasan tertentu. Misalkan, ya paling tidak mereka tahu akademisi film," ujarnya.

Rako menegaskan, akan lebih seru apabila reviewer menilai sebuah film dari macam perspektif.

Pria berusia 49 tahun itu mengatakan, untuk mendukung majunya industri film Indonesia, review harus disampaikan dengan hal yang positif. Jangan hanya mencemooh apalagi menghina, tanpa dasar yang kuat.

"Juga untuk kebaikan film Indonesia, check and balance itu bagus, tapi harus disampaikan dengan cara-cara yang bagus juga," tutupnya

Rekomendasi