Bukan Iron Man, Ini Peran yang Sempat Ditawarkan ke Robert Downey Jr

| 29 May 2023 11:00
Bukan Iron Man, Ini Peran yang Sempat Ditawarkan ke Robert Downey Jr
Robert Downey Jr (Instagram)

ERA.id - Sutradara film Marvel, Jon Favreau, mengungkap fakta mengejutkan tentang Robert Downey Jr. Jon mengungkap Robert mulanya tidak ditawari untuk memainkan karakter Iron Man. 

Rahasia ini diungkap oleh Jon Favreau bersama dengan bos Marvel, Kevin Feige, saat merayakan 15 tahun Iron Man. Selama perayaan itu, terungkap bahwa Robert Downey Jr seharusnya masuk ke jajaran pemain Fantastic Four, bukan sebagai Iron Man.

“Saya ingat Anda semua pernah bertemu dengannya (Downey) seperti Doctor Doom atau sesuatu di proyek lain," kata Jon, dikutip THR, Senin (29/5/2023). 

“Saya pikir dia telah berkembang seperti mungkin Fantastic Four, jadi semua orang tahu siapa dia,” sambungnya. 

Sayanya Jon tidak memberikan rincian lebih jauh tentang proses audisi untuk Tim Story tahun 2005 yang dilakukan Robert. Namun saat itu, hak film untuk Fantastic Four dimiliki oleh 20th Century Fox hingga Disney mengakuisisi studio tersebut pada tahun 2019.

Sutradara mengatakan mereka akhirnya membawa aktor tersebut untuk tes layar untuk Iron Man. Rupanya hasil tes layar itu justru menghidupkan percikan baru yang membuat Robert sempurna untuk peran itu.

“Begitu dia, saat itulah hidup saya menjadi jauh lebih mudah karena dia memahami suara karakter tersebut,” jelas Jon. 

“Dan kemudian satu per satu, orang-orang baru saja mendaftar (audisi) karena sekarang ini menjadi sesuatu yang menarik,” imbuhnya. 

Iron Man menghasilkan lebih dari USD585 juta di seluruh dunia, serta Robert Downey Jr mengulangi perannya dalam dua sekuel Iron Man, empat film Avengers, Captain America: Civil War dan banyak lagi. Kevin Feige juga memuji Robert karena membantu menjadikan MCU seperti sekarang ini.

"Saya ingat di film-film selanjutnya, kita akan membicarakannya pada peringatan 15 tahun itu ada hari-hari kelam," kata bos Marvel itu. 

“Saya akan mengatakan kepada Robert, 'Kami tidak akan berada dalam kekacauan ini jika bukan karena Anda,' artinya kami tidak akan memiliki studio jika bukan karena dia atau Anda (Jon),” tutup Kevin. 

Rekomendasi