Bukan Iron Man dan Avengers, Robert Downey Jr Pilih Film Ini yang Paling Berkesan Sepanjang 25 Tahun Terakhir

| 11 Jul 2023 12:15
Bukan Iron Man dan Avengers, Robert Downey Jr Pilih Film Ini yang Paling Berkesan Sepanjang 25 Tahun Terakhir
Robert Downey Jr (instagram)

ERA.id - Robert Downey Jr mengungkap bahwa film ikoniknya, Iron Man dan Avengers bukanlah karya yang berkesan untuk dirinya. Dia justru memilih dua film lain daripada Iron Man dan Avengers

Pengakuan ini dikatakan oleh Robert bersama The New York Times Magazine. Robert ditanyai tentang film paling berkesan dalam hidupnya selama 25 tahun terakhir. 

Banyak yang mengira bahwa ia akan memilih Iron Man atau Avengers: Age of Ultron. Sayangnya dua film ternama Hollywood itu bukanlah pilihan Robert. Ia justru menyebut The Shaggy Dog dan Dolittle sebagai dua film paling berkesan. 

“Sejujurnya, dua film terpenting yang pernah saya buat dalam 25 tahun terakhir adalah 'The Shaggy Dog', karena itulah film yang membuat Disney mengatakan mereka akan mengasuransikan saya,” kata Robert Downey Jr. 

“Kemudian film terpenting kedua adalah 'Dolittle,' karena 'Dolittle' adalah luka dua setengah tahun dari kesempatan yang disia-siakan,” sambungnya. 

The Shaggy Dog dibintangi oleh Tim Allen sebagai jaksa wilayah yang berubah menjadi Bearded Collie setelah digigit anjing suci. Downey Jr. berperan sebagai dokter jahat di balik transformasi tersebut. 

Film ini hampir tidak diingat, tetapi untuk Downey Jr. itu menandai momen ketika sebuah studio besar seperti Disney akan mempekerjakannya setelah karirnya masih terpuruk menyusul penangkapan pada April 1996 karena memiliki heroin, kokain, dan senjata yang diturunkan. 

The Shaggy Dog juga menjadi karya pertama Robert di Hollywood setelah berbagai skandal yang menimpanya. Namun memang, nama Robert bersinar setelah memerankan Iron Man. 

Adapun Dolittle, film keluarga senilai USD175 juta dibom di box office pada Januari 2020 dan mendapatkan beberapa ulasan terburuk dalam karir Downey Jr. Dia memproduseri film tersebut bersama istrinya, Susan Downey, di bawah bendera Team Downey Productions mereka. 

Meskipun gagal secara kritis dan komersial, aktor tersebut masih menganggapnya sebagai film penting untuk mengubah prioritasnya. 

“Stres yang diberikan pada istri saya saat dia menggulung lengan bajunya hingga ke ketiaknya untuk membuatnya cukup berguna untuk dibawa ke pasar sangat mengejutkan,” kenangnya. 

Rekomendasi