Syuting 'Nona Manis Sayange' di Labuan Bajo, Haico Van Der Veken Sampai Alami Wajah Breakout

| 27 Jul 2023 19:45
Syuting 'Nona Manis Sayange' di Labuan Bajo, Haico Van Der Veken Sampai Alami Wajah Breakout
Haico (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Aktris Haico Van Der Veken menjadi pemeran utama dalam film Nona Manis Sayange. Ia memainkan karakter Sika dalam film tersebut. Selama proses syuting di Labuan Bajo, Haico mengaku sempat mengalami wajah breakout atau berjerawat.

Haico mengalami breakout karena kondisi cuaca di Labuan Bajo yang sangat panas dan mempengaruhi kulitnya. Selama proses syuting, Haico mengaku kondisi kulitnya hingga warna kulit kepalanya menjadi berubah.

"Kalau soal jerawat bukan karena Labuan Bajo juga, misal aku traveling pasti breakout karena menyesuaikan (kondisi alam)," kata Haico, saat ditemui di Jl. Taman Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (27/7/2023).

"Karena emang panasnya ya sampai bikin kulit kepala pink," tambahnya.

Haico (Foto: Era.id/Adelia)
Haico (Foto: Era.id/Adelia)

Bintang film Kain Kafan Hitam ini mempunyai cara untuk mengatasi breakout. Ia rutin melakukan skincare hingga obat totol jerawat. Proses penyembuhan jerawat memakan waktu selama satu pekan.

"Yang pertama skincare. Ya aku juga pakai obat jerawat, segala macam. Kurang lebih itu sih. Jadi sisanya berserah kepada alam," ucapnya.

"Sekitar semingguan (mengobati jerawat)," lanjutnya.

Haico dan Pangeran Lantang (Foto: Era.id/Adelia)
Haico dan Pangeran Lantang (Foto: Era.id/Adelia)

Dalam film ini, perempuan berusia 21 tahun ini memainkan karakter Sika. Ia menceritakan sosok Sika dalam film Nona Manis Sayange.

"Aku berperan sebagai Sika. Jadi Sika itu memiliki personality yang sangat kuat, prinsip yang kuat. Anaknya kekeuh, nggak menye-menye gitu, dia berpendidikan," katanya.

Haico merasa tertantang saat memainkan film tersebut. Sebab, dirinya belajar dan mendalami perilaku komunikasi suku Bajo.

"Aku suka menjadi tantangan, ini menjadi orang Bajo. Apalagi aku nggak ada pengalaman sama sekali, aku mau belajar. Dari logatnya, pendalaman karakternya," ujarnya.

Film Nona Manis Sayange (Foto: Era.id/Adelia)
Film Nona Manis Sayange (Foto: Era.id/Adelia)

Untuk mendalami karakter ini, Haico belajar dengan warga asli suku Bajo. Mulai dari cara berkomunikasi hingga perilaku sehari-hari.

"Aku diluar syuting, aku ngobrol sama orang Bajo. Ini aku (belajar cara) ngomong dan perilaku orang Bajo asli," imbuhnya.

"Kita diajari sama orang sana, ya di Labuan Bajo harus gimana. Cara berbicara orang Bajo gimana, ya kita menyimak." lanjutnya.

Film Nona Manis Sayange menceritakan kisah percintaan dengan latar belakang adat dan budaya di Pulau Nusantara Tenggara Timur. Selain menceritakan adat dan kebudayaan di Labuan Bajo, film menghadirkan pemandangan indah dari pulau Labuan Bajo, yang terkenal sampai mancanegara. 

Film ini menceritakan tentang kisah cinta Sika dan Akram (Pangeran Lantang). Bersahabat sejak kecil, cintapun tumbuh kuat diantara Sika dan Akram. Rintangan besar muncul dari Ayah Sika (Mathias Muchus) yang menganggap Akram tidak pantas menikahi Sika.

Perjuangan Akram untuk memenuhi harapan dari ayah Sika menjadi perjalanan berat. Dia berusaha memenuhi permintaan uang belis/mahar yang sangat tinggi dari ayah Sika. Sementara itu, Sika berusaha meyakinkan ayah bahwa cinta sejati tidak dapat dinilai dari materi dan status sosial. Cerita ini mengajarkan tentang perbedaan yang dilihat dari sudut pandang adat budaya di Labuan Bajo.

Film yang akan tayang tahun 2023 di seluruh bioskop Indonesia ini, diperankan oleh Pangeran Lantang, Haico Van Der Veken, Bhisma Mulia, Mathias Muchus, Chanceline, Luz Victoria.

Rekomendasi