Banyak Pesan Moral, Review Film Sissy: Kisah Reuni Sahabat Kecil Berujung Kelam

| 10 Aug 2023 10:40
Banyak Pesan Moral, Review Film Sissy:  Kisah Reuni Sahabat Kecil Berujung Kelam
Film Sissy (Goto: Dok. Falcon Pictures)

ERA.id - Film produksi Negara Australia ini mengambil genre film horror komedi. Film berjudul Sissy ini menghadirkan tragedy, dark humor dan slasher tapi dikemas dengan suasana yang ceria.

Bahkan, musik yang hadir di film ini, tidak menghadirkan nuansa seram. Namun, pesan moral yang didapat usai menonton film ini, cukup relate dengan kondisi saat ini. 

Dari keterangan resmi Falcon Pictures, film ini menceritakan tentang sosok Cecilia yang secara tidak sengaja bertemu dengan sahabat masa kecilnya Emma. Kebahagiaan Emma tidak terbendung, ia mengajak Cecilia yang biasa dipanggil dengan Sissy untuk hadir ke pesta pertunangannya dengan kekasihnya bernama Fran.

Sissy tidak menolak, dan mereka sangat menikmati kebersamaannya di pesta tersebut. Setelah pesta usai, Emma mengenalkan Sissy kepada teman-teman dekatnya yaitu Tracey, Jamie dan Alex.

Pertemuan Sissy dengan Alex memicu hal-hal yang terpendam dalam diri Sissy yang terpendam, sehingga suasana mencekam. Alex adalah orang yang sering membully Sissy dimasa kecil.

Film sudah bisa disaksikan secara legal, melalui KlikFilm mulai bulan Agustus 2023 ini, benar-benar menghadirkan adegan sadis dan detail yang mengerikan dan mampu membuat penonton tidak nyaman. Namun, konsepnya terasa ceria dan sesekali menghadirkan adegan yang menegangkan.

Music yang dihadirkan cenderung didominasi music ceria. Penempatan jumpscare di film ini juga sangat pas, sehingga tidak mudah ditebak. 

Aisha Dee, yang memerankan tokoh Sissy berakting sangat luar biasa. Karakternya inilah yang memberi nuansa berbeda pada film slasher ini.

Ekspresinya mungkin tidak berbeda 180 derajat dan tidak membuat terasa creepy tetapi justru ini membuat tidak menduga bahwa ia akan melakukan hal yang lebih dari bayangan penonton.

Di awal ia terlihat innocent dan membuat simpati tetapi ketika titik pemicunya sudah keluar, ia tidak bisa dihentikan. Bahkan, transisinya dari karakter satu ke yang lainnya sangat halus sehingga tidak bisa dibedakan dalam kondisi saat ini.

Hannah Barlow yang merangkap jabatan sebagai sutradara dan memerankan tokoh Emma, posisinya terlihat abu-abu dari awal.

Ia berusaha membela Cecilia, tetapi di sisi lain ia tetap terasa berusaha mempertahankan posisinya diantara teman-temannya.

Pesan moral maupun sosial yang ada dalam film ini pun cukup penting dan terasa relate dengan saat ini.

Selain tentang bullying tetapi juga bagaimana karakternya yang banyak diidolakan di sosial media ternyata memiliki sisi lain yang tersembunyi dan bertolak belakang. Dan ia menyembunyikannya dengan sangat baik. 

Di sisi lain karakter-karakter lain dalam film ini pun tidak bisa dibilang menyenangkan. Sebagian besar dari mereka lebih memihak si pelaku bully, mungkin juga demi untuk mempertahankan persahabatannya.

Tema ini mungkin memang sering kita lihat dalam film, mereka yang menjadi korban bullying kemudian menjadi lebih kejam dari si pelaku bully tersebut. 

Selain menajadi sutradara, Hannah Barlow dan Kane Senes juga menulis sendiri scenario film Sissy. Sedangkan dijajaran pemain terdapat nama Aisha Dee, Hannah Barlow, Emily De Margheriti, Daniel Monks, Yerin Ha dan Lucy Barrett.

Rekomendasi