Resmi Keluarkan Fatwa Himbauan Menonton Film Hamka & Siti Raham Vol.2, MUI: Apresiasi Karya Seni Islami

| 20 Dec 2023 11:50
Resmi Keluarkan Fatwa Himbauan Menonton Film Hamka & Siti Raham Vol.2, MUI: Apresiasi Karya Seni Islami
Konferensi Hamka & Siti Raham Vol.2 (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya resmi mengeluarkan fatwa tentang himbauan menonton film Hamka & Siti Raham Vol.2. Surat edaran ini dikeluarkan karena MUI mengapresiasi film Hamka & Siti Raham Vol.2 yang bakal segera tayang pada 21 Desember 2023 di seluruh bioskop Indonesia.

Surat edaran yang sudah dikeluarkan sejak 8 Desember 2023 lalu ini resmi ditanda tangani oleh Ketua Umum MUI Pusat, K.H. Anwar Iskandar. Dalam acara konferensi pers, Erick Yusuf,S.Sy.,M.Pd sebagai Wakil Ketua LSBPI MUI menyampaikan kabar tersebut dihadapan awak media.

"Pertama kami sampaikan adalah betapa kami MUI sangat mengapresiasi film Hamka dan Siti Raham Vol.2 ini dikarenakan Buya Hamka selain beliau menjadi ketua MUI pertama," ujar Erick Yusuf, saat ditemui di Jl. H. R. Rasuna Said, Karet Kuningan,  Setiabudi,  Jakarta Selatan pada Selasa (19/12/2023).

"Tetapi beliau juga seorang tokoh pejuang, ulama, sastrawan, jurnalis dan juga pejabat dan lain-lain," lanjutnya.

Konferensi Hamka & Siti Raham Vol.2 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi Hamka & Siti Raham Vol.2 (Foto: Era.id/Adelia)

Dalam fatwa tersebut, Dewan Pimpinan MUI mengapresiasi film Hamka & Siti Raham Vol.2 sebagai karya seni yang bagus dan edukatif. Maka dari itu, MUI menghimbau seluruh MUI maupun umat Muslim untuk menyaksikan film Hamka & Siti Raham Vol.2.

"Dewan pimpinan MUI mengapresiasi Buya Hamka sebagai karya seni yang bagus dan edukatif, mengandung nilai-nilai luhur islam, dan kebangsaan serta keluhuran budaya nusantara, sehingga perlu didukung oleh seluruh MUI di tingkat daerah, serta para tokoh masyarakat, ulama dan para da'i serta para pimpinan pesanteren dan lembaga pendidikan," bunyi surat edaran tersebut yang diucapkan oleh Erick.

"Oleh karena itu dewan pimpinan MUI mengimbau kepada seluruh MUI se-Indonesia dan komponen masyarakat untuk menyaksikan film Hamka dan Siti Raham di bioskop sebagai bentuk dukungan dan apresiasi karya seni islami. Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama kami sampaikan terima kasih," lanjutnya.

Konferensi Hamka & Siti Raham Vol.2 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi Hamka & Siti Raham Vol.2 (Foto: Era.id/Adelia)

Jeje Zaenudin, Ketua MUI bidang Seni Budaya memberikan apresiasi film Hamka & Siti Raham Vol.2. Apalagi film ini ingin bekerja sama dengan MUI Pusat. Ia yakin film tersebut memberikan pesan positif bagi para penonton.

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Starvision dan Falcon dan kerjasama dengan MUI Pusat beberapa tahun lalu. Tentu saja, karya seni berkualitas ini tentu harus mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia," jelasnya.

"Karena pendidikan, edukasi melalui seni film ini, insyaallah mudah dicerna, dipahami dan dimengerti segala kalangan. Beda dengan membaca buku tentunya berat dan butuh waktu panjang. Maka dari itu, waktu kesempatan baik ini harus dimanfaatkan," lanjutnya.

Selain Erick Yusuf dan Jeje Zainuddin, konferensi pers juga dihadiri Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A. (Sekjen MUI), Prof. Dr. H. Utang Ranuwijaya, M.A. (Ketua MUI Bidang Pengkajian dan Penelitian),  dan Prof. Dr. H. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A. (Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional).

Tak hanya itu, sutradara film Hamka & Siti Raham Vol.2 Fajar Bustomi,  Vino G Bastian, hingga Anjasmara juga hadir dalam konferensi pers tersebut. Film Hamka & Siti Raham Vol.2 akan tayang serentak diseluruh bioskop Indonesia pada tanggal 21 Desember 2023.

Rekomendasi