Novel Dilan 1983: Wo Ai Ni Bakal Digarap Jadi Film, Dapuk Adhiyat dan Malea Emma Jadi Pemeran Utama

| 28 Jan 2024 08:29
Novel Dilan 1983: Wo Ai Ni Bakal Digarap Jadi Film, Dapuk Adhiyat dan Malea Emma Jadi Pemeran Utama
Konferensi pers Dilan 1983: Wo Ai Ni (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Seri terbaru dari novel Dilan, Dilan 1983: Wo Ai Ni karya Pidi Baiq akan digarap ke film layar lebar. Film ini diproduksi oleh Falcon Pictures, disutradarai oleh Fajar Bustomi, serta skenario ditulis oleh Pidi Baiq dan Alim Sudio.

Tidak seperti cerita terdahulunya yang mengisahkan percintaan Dilan, Dilan 1983: Wo Ai Ni mengisahkan tentang Dilan (Adhiyat), seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang tinggal di Bandung. Pada tahun 1983, Dilan harus pindah ke Timor Timur karena ayahnya yang bertugas sebagai tentara. 

Setelah satu setengah tahun di Timor Timur, Dilan kembali ke Bandung. Ia pun bertemu dengan sahabat lamanya, Mei Lien (Malea Emma), seorang gadis cantik keturunan Tionghoa pindahan dari Semarang. Dilan suka pada Mei Lien, tetapi ia tahu bahwa mereka tidak boleh pacaran.

Pidi Baiq sebagai penulis asli cerita mengatakan bahwa film ini akan menyajikan kisah cinta monyet Dilan. Ia menegaskan bahwa kisah cinta tersebut bisa dimaklumi terjadi di usia beranjak remaja.

“Ini akan eksplor masa-masa yang masih dimaklumi ya. Ini Dilan hanya tentang cinta monyetnya saja,” ujar Pidi Baiq saat konferensi pers di Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Sabtu (27/1/2024).

Fajar Bustomi selaku sutradara mengungkap bahwa syuting film ini akan dimulai pada 29 Januari 2024. Keseluruhan syuting direncanakan akan dilakukan di Bandung.

“Plannya full semua di Bandung. Biar berasa Bandung 1983 ada beberapa tempat yang kita cari sesuai tahun itu. Ada juga scene di Timor Timur ya, tapi nggak banyak juga, nanti kita buat pakai cgi atau apa,” ungkap Fajar Bustomi.

Karakter utama di film ini diperankan oleh aktor muda Adhiyat sebagai Dilan dan Malea Emma sebagai Mei Lien. Proses pencarian keduanya sebagai pemeran utama berlangsung cukup lama karena mempertimbangkan banyak aspek, hingga akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Adhiyat dan Malea.

“Kami sangat senang dapat kembali menghadirkan film Dilan yang sudah dinanti-nantikan oleh para penggemar. Kesulitannya adalah waktu mencari sosok Dilan dan Malea. Bahkan kurang lebih 2 tahun pencarian kita, sampai akhirnya menemukan Adhiyat dan Malea. Mudah-mudahan, ini bisa menjadi film yang menghibur untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujar Frederica selaku produser.

Sementara itu, selain Adhiyat dan Malea Emma, film Dilan 1983: Wo Ai Ni ini akan diperankan juga oleh deretan aktor cilik dan senior. Mereka adalah Bucek Deep, Ira Wibowo, Ashel JKT 48, Zayyan Sakha, Cok Simbara, Muzakki, Queen, Sulthan, Ferdinand, Keanu Azka, Graciella Abigail, Shania Diva, Cleo, Quentin, Mieke Amalia, Annisa Hertami, dan Daan Aria.

Rekomendasi