Film Ki Hadjar Dewantara Suguhkan Kisah Hidup Pahlawan Pendidikan, Maudy Ayunda jadi Produsernya

| 08 May 2024 13:30
Film Ki Hadjar Dewantara Suguhkan Kisah Hidup Pahlawan Pendidikan, Maudy Ayunda jadi Produsernya
Konferensi pers film Ki Hadjar Dewantara (Instagram / @maudyayunda)

ERA.id - Seperti judulnya, film Ki Hadjar Dewantara (KHD) akan mengangkat kisah hidup pahlawan pendidikan, Ki Hadjar Dewantara. 

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Gina S. Noer dan menariknya, aktris Maudy Ayunda terlibat di balik layar sebagai produser. 

"Inisiatif film "KHD" berawal dari rasa penasaran mengapa hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selalu dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional tetapi akses merata dan kualitas pendidikan yang memberdayakan belum jadi prioritas bersama semua orang?"

"Jadi, saya berharap semoga semua proses film "KHD" bisa menjadi wadah "belajar bareng" lebih dalam lagi tentang akar filosofi pendidikan beliau untuk menumbuhkan harkat manusia," kata Gina S. Noer saat menghadiri Exclusive Media Gathering Film Project Announcement “KHD” di Gedung Kemendikbud Ristek.

Ghina menjelaskan, film “KHD” menampilkan kisah hidup Pahlawan Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia dengan menyelipkan kisah-kisah yang mungkin jarang terdengar publik.

Adapun, hingga saat ini produksi film KHD telah memasuki tahap riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah pada tahun 2024, lalu proses syuting akan dimulai pada tahun 2025.

Sementara itu, film "KHD" dijadwalkan akan dirilis pada Hari Pendidikan Nasional 2026 sebagai penghormatan atas warisan pendidikan yang ditinggalkan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Wahana Kreator Salman Aristo mengatakan Film "KHD" adalah sebuah perayaan akan kehidupan dan warisan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

“Kami berharap film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memberikan refleksi yang mendalam tentang pendidikan yang merdeka dan relevan bagi masa depan bangsa. Kami mengundang rekan-rekan yang juga peduli terhadap pendidikan Indonesia untuk bergabung bersama kami lewat dukungan dalam bentuk apapun untuk mewujudkan misi baik ini,” ungkapnya, seperti dikutip Antara.

Rekomendasi