Cerita Tentang Patah Hati, Maudy Ayunda Ungkap Makna Lagu Terbaru Don't Know Why

| 17 Jul 2021 08:31
Cerita Tentang Patah Hati, Maudy Ayunda Ungkap Makna Lagu Terbaru Don't Know Why
Maudy Ayunda (Dok: Trinity Optima)

ERA.id - Penyanyi muda berbakat, Maudy Ayunda kembali merilis karya terbarunya berjudul "Don't Know Why". Lagu itu akhirnya dirilis setelah Maudy sukses dengan pendidikannya di Universitas Stanford beberapa waktu lalu.

Lagu "Don't Know Why" ini bisa dikatakan sebagai salah satu persembahan sekaligus penanda dari kembalinya Maudy Ayunda ke belantika musik Indonesia. Menurut Maudy, lagu ini bentuk dari ekspresi patah hati seorang perempuan hingga menyebabkan mati rasa.

"Ini adalah ekspresi patah hati, tapi perempuan ini bisa mengontrolnya. Aku rasa, vulnerability and embracing weaknesses are so important. Karena ketika kita melakukan itu, kita juga self-aware," kata Maudy Ayunda dalam siaran pers yang diterima tim Era.id, Jumat (16/7/2021).

Lalu, kata Maudy, sebagai pribadi yang mengenal diri sendiri dan langkah pertama dari proses tumbuh menjadi orang baik, sering kali hal orang menjadi lupa dan tidak mengenal dirinya sendiri.

Bila sudah mengalami hal semacam itu, maka yang terjadi adalah ketidakberanian untuk menatap segala kekurangan yang ada pada diri sendiri.

"Saat kita tidak tahu atau tidak mengenali diri sendiri, dan kita tidak berani menatap sendiri kekurangan-kekurangan kita, I think that’s where we’re missing out. Like an on a huge opportunity to change and evolve," ungkapnya.

Dengan segala kegundahan itu lah akhirnya Maudy Ayunda memilih untuk mengekspresikannya lewat sebuah lagu. Melalui lagu "Don't Know Why", penyanyi kelahiran 19 Desember 1994 itu ingin mengajak para penggemarnya untuk mengubah pola pikir atau pun cara berpikir dari kebanyakan orang, terutama perempuan.

Bukan hanya itu saja, Maudy Ayunda juga ingin menguatkan perempuan dengan sebuah lagu yang bukan hanya bisa didapat lewat lagu cinta atau pun kegalauan saja. Dia pun menilai bahwa hal ini adalah waktu yang tepat baginya untuk memberikan kekuatan itu.

"Aku pikir, ini saat yang tepat untuk aku mengingatkan bahwa kita sebagai perempuan punya kekuatan untuk mendesain jalan hidup dan kisah cinta kita. I want to change people’s minds, I want to change people’s hearts. Itu gol aku," ujarnya.

Lagu "Don't Know Why" ini merupakan satu dari tiga lagu yang akan dihadirkan oleh Maudy Ayunda dalam bentuk Extended Playlist (EP), mengingat sejauh ini Maudy Ayunda belum kembali dengan album terbarunya setelah memilih fokus untuk pendidikan.

Dengan rilisnya lagu "Don't Know Why", Maudy menilai waktu iini adalah yang tepat bagi dirinya setelah berhasil mengekspresikannya ke dalam bentuk tulisan dan juga nada.

"Aku ingin mempersembahkan sebuah karya atau produksi yang sangat intimate, dekat denganku dan kehidupanku, serta sangat jujur. Akhirnya, lahirlah EP ini," tutupnya.

Maudy Ayunda pertama kali terjun ke dunia tarik suara lewat sebuah album bertajuk Panggil Aku yang dirilis pada tahun 2011. Melalui album itu, Maudy Ayunda bersinar berkat salah satu lagunya, "Tiba Tiba Cinta Datang" yang langsung menjadi salah satu lagu hit pada masanya.

Setelah sukses dengan album perdananya, Maudy Ayunda kembali merilis album di tahun 2015 bertajuk Moments, dan di tahun 2018 dengan judul "Oxygen". Kemampuan Maudy di bidang tarik suara ini bahkan berhasil membawanya untuk menjadi salah satu pengisi soundtrack film Moana dari Disney untuk versi Indonesia.

Rekomendasi