Jadi Pengisi Suara di Film Si Juki the Movie, Indro Warkop Bernostalgia Jadi Penyiar Radio

| 24 Jun 2024 09:58
Jadi Pengisi Suara di Film Si Juki the Movie, Indro Warkop Bernostalgia Jadi Penyiar Radio
Gala Premier Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet (Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Komedian senior Indro Warkop ikut serta menjadi pengisi suara di film Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet. Indro Warkop mengisi suara karakter Prof Juned, seorang ilmuwan eksentrik yang pelupa namun jenaka. Indro Warkop mengaku tidak merasa kesulitan ketika menjadi pengisi suara Prof Juned.

Pemilik nama asli Indrodjojo Kusumonegoro ini menganggap keterlibatannya di film garapan animator Faza Meonk ini sebagai nostalgia. Hal itu karena dirinya mengawali karir sebagai penyiar radio. Hal ini diungkapkan Indro saat menghadiri acara Gala Premier Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet.

"Kalau saya boleh bilang bahwa ini nostalgia saya karena saya memulai karier saya ini sebagai penyiar di radio yang lebih bermain karakter di radio. Saya mempunyai beberapa suara, jadi jawa, jadi batak, begitu juga teman-teman yang lain," ujar Indro Warkop, saat ditemui di kawasan CGV Grand Indonesia, Jakarta pada Sabtu (22/6/2024).

"Jadi ini sebetulnya semacam mengasah lagi kemampuan kita untuk bisa mengaplikasikan apa yang diminta skenario itu. Karena kita hanya menerima cerita dan dialog dan kita di situ benar-benar berperan sebagai siapa kita di situ," lanjutnya.

Lebih lanjut, bintang film Warkop DKI Reborn ini mengatakan sebagai pengisi suara seharusnya mengekspresikan berbagai nuansa emosi meski hanya dalam suara, tanpa ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Sebagai profesor, Indro Warkop melatih diri menggunakan bahasa yang lebih akademis.

"Karakter saya ini tetap ada betawinya, tetapi saya profesor bagaimanapun juga, jadi ada bahasa-bahasa yang lebih akademis. Jadi bukan hanya sekedar baca, pakai latihan kita di situ, dibilang gampang, nggak juga, karena ini lebih presisi ketimbang kita siaran," bebernya

Indro Warkop berupaya menghidupkan karakter Prof Juned melalui suara. Pengisian suara dilakukan di studio berukuran besar di mana para pengisi suara berkumpul.

"Sekali lagi, kebetulan kok saya di radio. Ini sebetulnya, karena suara lebih dulu sebelum gambar, kami kayak main sandiwara radio per adegan dan pakai latihan. Jadi bukan hanya sekadar baca,” tuturnya.

Aktor berusia 66 tahun ini mengungkapkan mengisi suara di kartun memancing rasa imajinasi muncul. Ia harus berimajinasi sesuai dengan perannya. 

"Jadi sebetulnya melatih sih daya imajinasi kita yang dituntut pada saat itu dan ada sutradara juga di situ," imbuhnya. 

Selain Indro Warkop, acara Gala Premier Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet.  ini dihadiri oleh para pengisi suara film lainnya, seperti Bryan Domani, Megan Domani, Coki Pardede, Faza Meonk, Andovi Da Lopez, Sadana Agung, Windah Basudara, Mandra, dan Maya Wulan.

Film Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet.  merupakan sekuel dari film animasi Si Juki The Movie yang sukses ditayangkan pada tahun 2017. Film ini menceritakan tentang petualangan Si Juki dan kawan-kawannya di Pulau Monyet yang penuh dengan misteri dan harta karun. Film ini akan tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 27 Juni 2024.

Rekomendasi