Film The Settlers, Sajikan Kisah Tertindasnya Warga Pribumi Chile

| 28 Jun 2024 12:27
Film The Settlers, Sajikan Kisah Tertindasnya Warga Pribumi Chile
The Settlers (dok. KlikFilm)

ERA.id - Pada bulan Juni 2024, KlikFilm kembali menyaikan film baru yang kali ini berasal dari Chile berjudul The Settlers atau Los Colonos. Film ini sempat diajukan sebagai submisi resmi untuk dapat nominasi Film Fitur Internasional Terbaik Oscar 2024.

Meski gagal dapat nominasi, The Settlers tetap mencuri perhatian karena membawa isu dan agenda, yakni untuk menyakinkan manusia agar tak lagi mengulang tragedi genosida.

Mengambil latar akhir 1800-an dan awal 1900-an, cerita film The Settlers (Pendatang) dibuka dengan penampakan hamparan lahan luas tak terhingga yang berangin. Fokus kamera kemudian perlahan meneropong sekelompok orang yang bekerja di sebuah lahan dengan pagar kawat milik seorang pengusaha asal Spanyol, Jose Menendez yang kejam.

Untuk melancarkan agenda eksploitasi alam mereka, penjajah asal Eropa melakukan cara-cara brutal untuk menyingkirkan penduduk pribumi. Ini yang kemudian digambarkan Felipe Gálvez Haberle dalam karya terbarunya ini.

Menendez menyuruh tentara bayaran McLennan, Bill, dan Segundo untuk berburu orang pribumi supaya tidak mengganggu bisnisnya. Dalam perjalananya, mereka bertemu dengan sesama tentara bayaran yang diperintah pengusaha Eropa lainnya.

Selama perburuan ini, adegan kekerasan menyesakkan disajikan film ini. Selang beberpa tahun kemudian, pemerintah Chile mulai memberlakukan sebuah aturan baru agar pendatang Eropa dan penduduk pribumi bisa saling berinteraksi.

Saat itulah Segundo diminta untuk memberikan kesaksian. Dalam kesaksiannya, terbongkar secara detial kekejaman yang dilakukan para tentara bayaran.

Tak seperti film perang yang fokus pada aksi, urgensi waktu, dan kekerasan, The Settlers dikemas dengan gaya puitis. Lajunya lambat dan para protagonisnya seolah punya banyak waktu untuk merenung dan terdiam.

Rekomendasi