Indonesia Masuk Daftar Penayangan Tenet Bulan Depan

| 28 Jul 2020 10:00
Indonesia Masuk Daftar Penayangan Tenet Bulan Depan
Tenet (Instagram/@tenetfilm)

ERA.id - Setelah berkali-kali mengalami penundaan penayangan akibat pandemi korona virus, film Tenet akhirnya bisa mengudara pada Agustus 2020. Penayangan ini bukan lagi dibuka di Amerika Serikat, tetapi Italia, Korea Selatan, Mesir, hingga Indonesia. 

Film thriller sci-fi karya Christopher Nolan ini debut lebih dulu di luar Amerika Serikat, pasar terbesar di dunia. Pihak studio, Warner Bros mengkonfirmasi 70 negara bakal kedatangan Tenet pada 26 Agustus 2020. 

Dari 70 negara itu, Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang bakal kedatangan aksi Robert Pattinson, John David Washington, Elizabeth Debiciki, Michael Caine, dan masih banyak lagi. 

Selain Indonesia, tanggal 26 Agustus mendatang sejumlah negara juga bakal kedatangan Tenet di negaranya, seperti Italia, Bulgaria, Turki, Prancis, Denmark, Korea Selatan, Denmark, Italia, Kroasia, Mesir, Inggris, Belanda, dan masih banyak lagi. 

Korea Selatan jadi salah satu negara yang dianggap sudah siap kedatangan film-film baru berkat penayangan perdana Peninsula, sekuel dari film Train to Busan yang sangat sukses. Sejak tayang 15 Juli 2020 film Peninsula berhasil mengumpulkan 1 juta penonton dalam 4 hari. 

Sejak penayangannya, karya Yeon Sang Ho ini berhasil meraup 21 juta dolar AS di Korea Selatan atau sekitar Rp304 miliar. Pendapatan itu sedikit dikhawatirkan oleh Warner Bros karena biaya produksi film Tenet ini mencapai 200 juta dolar AS atau Rp2,9 triliun. Jumlah itu bahkan belum termasuk biaya promosi yang kabarnya menghabiskan puluhan juta dolar. 

Tak berhenti sampai disitu, keputusan Warner Bros menayangkan Tenet di luar Amerika Serikat dan Amerika Utara lebih dulu ini juga sedikit riskan dengan pembajakan dan spoiler. Jika spoiler dari film Tenet ini tersebar, bisa dipastikan minat penonton di Amerika bisa jauh berkurang. 

Sementara itu untuk pasar China, kabarnya Nolan masih menunggu keputusan agar filmnya bisa tayang di pasar terbesar kedua di dunia itu. Apalagi China memiliki ketentuan penayangan film yang tidak boleh lebih dari 2 jam, sedangkan film Tenet memiliki durasi 2 jam 30 menit. 

Tetapi kabarnya baru-baru ini bioskop China memesan film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dan Inception. Di mana dua film lama itu tercatat memiliki durasi yang cukup lama. 

Sebelum menetapkan tanggal penayangan, film Tenet karya Christopher Nolan ini sempat mengalami tiga kali penundaan dari agenda semula. Mulanya film ini dijadwalkan tayang pertengahan Juli 2020, tetapi akibat pandemi saat ini akhirnya mundur hingga batas waktu yang belum bisa dipastikan. 

Berikut adalah daftar negara yang kedatangan film Tenet Agustus mendatang:

26 Agustus 2020:

Belgia, Bulgaria, Kroasia, Denmark, Mesir, Estonia, Finlandia, Prancis, Belanda, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Korea, Latvia, Lithuania, Portugal, Serbia, Slovakia, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Inggris. 

27 Agustus 2020: 

Australia, Austria, Bahrain, Kanada, Republik Ceko, Jerman, Yunani, Hong Kong, Israel, Lebanon, Malaysia, Timur Tengah, Selandia Baru, Polandia, Arab Saudi, Singapura, Taiwan, Thailand, Uni Emirat Arab. 

28 Agustus 2020:

Afrika Timur, Ghana, Nigeria, Norwegia, Rumania, Slovenia, Spanyol, Vietnam. 

3 September 2020:

Amerika Serikat, Kuwait, dan Qatar. 

18 September 2020:

Jepang

Tags : film
Rekomendasi