Alasan Upin dan Ipin Berkepala Plontos dan Fakta Menarik Lainnya

Tim Editor

Upin dan Ipin (Les Copaque)

ERA.id - Kenapa ya Upin dan Ipin kepalanya gondol terus? Mungkin ada yang berpikir begitu. Jika ada, hal itu bukan tanpa jawaban. Jawabannya juga sederhana.

Dua saudara kembar lucu yang bernama lengkap Arifin dan Arufin ini, saat dibuat karakternya, memang disengaja tanpa rambut. Pertama, untuk menambah khazanah kartun Melayu serta menghemat biaya produksi.

Pada animasi 3D, simulation hair akan membuat proses render menjadi lebih lama dan diketahui, serial kartun ini begitu banyak episode. Intinya begini, dalam dunia animasi, membuat rambut adalah persoalan Fisika. Menyimulasikan ribuan jenis rambut dengan cara yang benar secara fisik memakan waktu.

Semakin tinggi realisme yang ingin dicapai, misal rambut yang identik, semakin membutuhkan lebih banyak sumber daya baik waktu komputasi atau memori. Tapi kan teman Upin dan Ipin ada rambutnya. Ya, bisa saja diambil jawaban seperti itu, namun yang jelas, tokoh utama adalah Upin dan Ipin dan ia lebih banyak mendominasi frame ke frame lainnya.

Ke mana ayah-ibu Upin dan Ipin?

Orangtua mereka diceritakan telah meninggal dunia sejak episode awal serial. Diketahui, Ayah Upin adalah seorang tentara. Alasan lain ditiadakannya orangtua mereka adalah adalah karena faktor operasional.

Saat itu, rumah produksi serial Upin dan Ipin bernama Les’ Copaque Production sedang dikejar deadline untuk penayangan episode pertama. Karena waktunya singkat, pihak produksi menghilangkan figur ayah dan ibu.

Jika mereka ada, maka biaya operasional pasti akan bertambah. Dirawatnya Upin dan Ipin oleh neneknya adalah sebuah daya tarik lain untuk memberi kesan bahwa kasih sayang bisa didapat anak yatim piatu dari siapa saja.

Awalnya bukan karakter utama

Ternyata, Upin dan Ipin  awalnya bukanlah karakter utama. Mereka malah pertama kali diperkenalkan pada film “Geng Pengembara Bermula” loh. Film Geng Pengembara Bermula pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dan dirilis pada tahun 2009.

 

Nama asli Opah dan Tok Dalang

Jika kamu pernah menonton serial Upin dan Ipin, pastinya kamu mengetahui karakter Opah yang merupakan nenek dari Upin dan Ipin serta Tok Dalang, seorang sepuh di desa.

Siapa nama panjang mereka? Nama asli dari Opah adalah Siti sedangkan nama asli dari Tok Dalang adalah Haji Senin Bin Kamis.

Opah

 

Pernah ditolak berbagai stasiun TV

Sebelum sepopuler seperti sekarang, ternyata serial Upin dan Ipin pernah ditolak di beberapa stasiun televisi, hingga akhirnya dipercaya oleh Direktur TV9 pada saat itu karena dinilai memiliki cerita yang lucu dan menarik.

 

Asal nama Kampung Durian Runtuh

Kampung Durian Runtuh merupakan nama Desa tempat Upin dan Ipin tinggal. Nama kampung itu diambil karena dulu ada sebuah pohoh durian yang hanya sekali berbuah setiap musimnya.

Karena itu, warga berebut untuk mendapatkan durian tersebut. Karena tak tahan dengan perdebatan warga, Tok Dalang memutuskan untuk meruntuhkan pohon durian tersebut.

Ilustrasi Upin dan Ipin dewasa (@bingmoph)

 

Dari mana sumber pendapatan keluarga Upin dan Ipin?

Ini pertanyaan yang jarang ditanyakan. Kalau sekarang mencari tahu, jawabannya adalah Kak Ros membuat nasi uduk tiap pagi dan dititipkan ke warung Uncle Mutu. Kak Ros juga menjadi kartunis serial Kembara Kembar Nakal yang tayang tiap minggu di surat kabar lokal.

Sementara Opa merawat kebun sayur di belakang rumah. Sebagian untuk konsumsi sendiri, sebagian lain dijual. Selain itu Opa juga bekerja menyadap karet di kebun karet punya Ah Tong.

Tag: anime kartun

Bagikan :