Mengenal Sosok Datuk Jamali Shadat, Tokoh Animasi Upin Ipin yang Meninggal Dunia

| 03 Feb 2021 19:45
Mengenal Sosok Datuk Jamali Shadat, Tokoh Animasi Upin Ipin yang Meninggal Dunia
Datuk Jamali Shadat (Capture YouTube)

ERA.id - Kabar duka datang dari industri hiburan Malaysia karena pelawak legenda, Datuk Jamali Shadat, meninggal pada Rabu (3/2/2021) pukul 8.15 pagi. Ia meninggal di usianya yang ke-78, akibat penyakit darah tinggi dan diabetes yang menyebabkan kondisinya menurun selama dua tahun terakhir. Beliau meninggal di kediamannya di Pulau Indah Pelabuhan, Klang, Malaysia.

Bagi sebagian besar orang, nama Datuk Jamali Shadat mungkin masih terdengar asing. Jamali Shadat merupakan pelawak yang terkenal dengan bakatnya meniru berbagai dialek, seperti Mandarin, Jawa, dan Tamil. Beliau mulai terkenal setelah memerankan sosok anak lelaki bernama Atan yang sering mengerjai kakeknya. 

Sebelumnya, Jamali Shadat mengawali kariernya dengan mengikuti sebuah kompetisi, Bakat TV, dan berhasil menempati posisi kedua. Setelah mengikuti ajang tersebut, ia banyak diundang untuk merekam leluconnya dan dijadikan sebuah CD. Lelucon miliknya terkenal karena mampu menarik perhatian orang - orang dengan latar belakang ras yang berbeda. 

Aksi komedi Jamali Shadat di atas panggung bukan hanya mengundang tawa para penonton, namun juga mengembangkan lelucon tentang keharmonisan antar ras. Melalui leluconnya, ia juga mempersatukan masyarakat dengan mengangkat isu - isu terkini sebagai ceritanya di atas panggung.

Pada 2015, sosok Datuk Jamali Shadat dibuat menjadi salah satu karakter dalam animasi Upin Ipin musik ke-9, yang berjudul Siapa Atan?, dengan nama yang sama. Dalam animasi tersebut, beliau menghibur para penonton dengan kemampuannya dalam menirukan suara orang lain. 

Tak hanya terkenal sebagai seorang komedian, komedian kelahiran 1942 ini juga pernah membintangi beberapa film. Adapun film yang pernah dibintangi olehnya adalah Hantu Siang (1986), Mr. Cinderella 2 (2003), Senario The Movie Episode 2: Beach Boys (2009), dan Semerah Cinta Stiletto (2010). Ia juga sering muncul dalam siaran program televisi, seperti Sendarama, Hiburan Malam Minggu, dan Kuiz Kepintaran Anda. 

Sepanjang kariernya, Datuk Jamali Shadat pernah meraih penghargaan Special Jury Award - Veteran Artist di Color Law Awards, pada 2014.

Jenazah Datuk Jamali Shadat akan dimakamkan di di Tanah Pekuburan Islam Kampung Sungai Pinang, Pulau Indah, Pelabuhan Klang.

Rekomendasi