SBS Ambil Langkah Tegas Soal Kontroversi Drama Joseon Exorcist, Diberhentikan Seminggu dan Rombak Cerita

| 24 Mar 2021 22:05
SBS Ambil Langkah Tegas Soal Kontroversi Drama Joseon Exorcist, Diberhentikan Seminggu dan Rombak Cerita
Kontroversi Joseon Exorcist (Instagram/@ joseonexorcist_sbs)

ERA.id - Kontroversi yang ditimbulkan oleh tim produksi drama Joseon Exorcist berbuntut panjang. Kali ini pihak SBS ambil langkah tegas untuk memberhentikan penayangan selama seminggu. 

Drama yang tayang di saluran SBS, Joseon Exorcist akhirnya menerima sanksi dari pihak stasiun televisi. Pihak SBS memutuskan untuk mengambil beberapa langkah tegas terkait penayangan Joseon Exorcist. 

Salah satu langkah tegas yang diambil oleh SBS ialah pemutaran perdana dua episode akan dihentikan dan diedit ulang oleh tim produksi. Tak hanya itu saja, keseluruhan cerita juga akan disusun ulang hingga memberhentikan tayangan selama satu minggu. 

"Pemutaran ulang VOD dan tayangan ulang televisi dari dua episode pertama yang telah mengudara sejauh ini akan dihentikan hingga diedit. Selain itu, kami akan mengatur ulang keseluruhan cerita dengan mengambil jeda satu minggu dari siaran minggu depan," tulis pernyataan SBS, dikutip Star News, Rabu (24/3/2021). 

Langkah tegas ini akhirnya diputuskan oleh pihak stasiun televisi mengingat banyak kontroversi yang ditimbulkan. SBS juga menyampaikan alasan dan juga permintaan maafnya terkait masalah yang ditimbulkan. 

Menurut pihak SBS, drama Joseon Exorcist ditayangkan dengan tujuan untuk memperkenalkan drama sejarah fusi fantasi ke para penonton. Sayangnya berkaitan dengan tokoh sejarah yang juga berkaitan dengan sejarah aslinya, tim produksi butuh waktu untuk memvalidasi sebanyak mungkin. 

Dengan hal tersebut, pihak stasiun televisi bertanggung jawab dengan semua konten yang ditayangkan ke penonton. Terlebih drama Joseon Exorcits sudah tayang sebanyak dua episode dari Senin hingga Selasa.

"Kami merasa memiliki tanggung jawab yang kuat untuk tidak melakukannya. Kami dengan tulus meminta maaf kepada pemirsa untuk ini," ungkap SBS. 

Atas kejadian ini, pihak SBS berjanji akan memperbaiki dan melakukan yang terbaik demi kenyamanan semua penonton serta penggemar drama Korea. Di sisi lain, pihak Joseon Exorcist juga turut angkat bicara terkait kontroversi yang ditimbulkan. 

Tim produksi memutuskan untuk menghilangkan semua adegan yang bermasalah. Masalah yang ditimbulkan bukan hanya berkaitan karya seni dan alat peraga Tiongkok saja, tetap juga dari pakaian dan juga properti bergaya China.

Kesalahan itu pun diakui oleh tim produksi sebagai kelalaian dan tidak menganali masalah tersebut sebelumnya. Pihak produksi berjnaji akan mengedit semua konten dan tayangan demi kenyamanan penonton.

"Untuk siaran mendatang, kami akan mengedit bagian ini sebanyak mungkin dan bekerja sekuat tenaga untuk produksi agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemirsa," kata perwakilan Joseon Exorcist.

Lalu, terkait tudingan drama Joseon Exorcist yang diklaim menerima sponsor dan pendanaan dari Tiongkok, pihak produksi membantah tegas hal itu. Tim produksi menegaskan seluruh dana produki drama Joseon Exorcist berasal dari Korea Selatan.

"Joseon Exorcist adalah drama yang diproduksi dengan 100 persen dana Korea," tegas pihak produksi. 

Lebih lanjut tim produksi menegaskan akan lebih bertanggung jawab dan lebih ketat dalam memproduksi drama. Pihaknya juga akan melakukan yang terbaik agar tidak menyakiti para aktor dan juga staf yang terlibat. 

Drama Joseon Exorcist dibintangi oleh Jang Dong Yoon, Park Sung Hoon, Kam Woo Sung, Seo Young Hee, Jeon Kuk Hwan, Moon Woo Jin, Kim Roe Ha, Hong Woo Jin, Lee Yoo Bi, Jung Hye Sung, Baek Eun Hye, dan masih banyak lagi. 

Atas kontroversi hebat ini, SBS memutuskan untuk tidak menayangkan Joseon Exorcist pekan depan. Selain itu, sejak muncul kontroversi rating drama ini juga merosot dari tayangan perdana. 

Rekomendasi